airtronicfirearms.com

Cara Mengecat Plafon Rumah agar Terlihat Lebih Menarik

ilustrasi mengecat plafon
Lihat Foto

JAKARTA, - Tampilan plafon atau langit-langit rumah yang menarik membuat interior ruangan terlihat lebih cantik dan estetik. Maka dari itu, plafon perlu didekorasi dan didesain semenarik mungkin. 

Salah satu cara membuat plafon rumah lebih menarik yaitu dengan mengecat plafon. Meski terlihat tak biasa, mengecat plafon bisa membuat ruangan terlihat lebih segar. 

Baca juga: Catat, Begini Cara Memasang Wallpaper di Plafon Rumah

Plafon rumah bisa dicat dengan cat finishing datang atau matte seperti kulit telur. Finishing ini tak hanya cantik, tapi juga bisa menyembunyikan goresan dan ketidaksempurnaan di plafon rumah. 

Cara mengecat plafon rumah sebenarnya mudah. Namun, ada sejumlah persiapan yang perlu dilakukan agar hasil pengecatan rapi dan tidak meninggalkan noda pada area lain. 

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (9/6/2024), berikut cara mengecat plafon rumah dengan benar agar terlihat lebih menarik. 

Baca juga: 6 Warna Cat Ini Tidak Boleh Digunakan untuk Plafon, Kenapa?

Apa yang dibutuhkan?

ilustrasi mengecat langit-langit rumahFREEPIK/ ededchechine ilustrasi mengecat langit-langit rumah

  • Kain pelapis besar
  • Tngga
  • Kapel
  • Ampleas
  • Kuas 
  • Sikat rol
  • Pita atau selotip untuk melukis
  • Plastik atau koran
  • Senyawa spackling
  • Primer (opsional)
  • Cat

Melakukan persiapan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sebelum melakukan pengecatan, ada tahap persiapan yang perlu dilakukan. 

Persiapan yang dimaksud seperti menutup perabotan dan lantai dengan kain lebar. Tujuannya agar perabotan dan lantai tidak terkena noda cat. 

Baca juga: Catat, 5 Alasan Mengapa Harus Mengecat Plafon Rumah

Jika memungkinkan, pindahkan perabotan ke ruangan lain yang lebih aman. Selain menutup perabotan dan lantai, bagian atas dinding juga perlu ditutup dengan selotip khusus yang biasa digunakan pelukis untuk membatasi area saat melukis. 

Jika ada kipas di plafon, maka sebaiknya lapisi baling-baling kipas dengan plastik atau koran, kemudian ikat dengan selotip atau karet. 

Bersihkan plafon rumah

Setelah melakukan persiapan, langit-langit rumah yang akan dicat juga perlu dibersihkan terlebih dahulu. Gunakan kemoceng atau lap untuk menghilangkan debu di plafon. 

Selain itu, apabila ada retakan atau lubang di plafon, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu plafon tersebut. Tujuannya agar plafon yang dicat lebih rata dan rapi. 

Sementara itu, apabila ada noda yang membandel, maka tutupi noda dengan primer anti-noda agar warnanya tidak menembus ke lapisan akhir cat. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Membersihkan Plafon

Mulai melakukan pengecatan

Selanjutnya, cara mengecat plafon rumah yaitu mengecat area sudut dan bagian tepi plafon menggunakan kuas berukuran kecil. Cara ini akan membuat pengecatan lebih rapi. 

Setelah area sudut dan tepi plafon sudah dilapisi cat, maka langkah selanjutnya yaitu mengecat seluruh area plafon dengan rol cat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat