airtronicfirearms.com

3 Cara Menghilangkan Noda Cat di Kaca Jendela

Ilustrasi membersihkan kaca dari noda cat
Lihat Foto

JAKARTA, - Melapisi kusen jendela dengan cat bisa membuat tampilan jendela terlihat lebih cantik dan menarik. Selain itu, lapisan cat baru juga membuat tampilan jendela terlihat lebih segar. 

Namun, keindahan lapisan cat bisa berkurang apabila terdapat noda cat yang menempel di kaca jendela. Akibatnya, tampilan jendela terlihat kotor dan kusam. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Cat Tembok di Kaca Jendela

Noda cat yang menempel di kaca sebenarnya mudah dibersihkan. Hanya saja, proses membersihkan noda ini harus berhati-hati agar tidak meninggalkan goresan pada kaca jendela. 

Dikutip dari Homes & Gardens, Senin (10/6/2024), berikut ini cara menghilangkan noda cat di kaca jendela. 

Bersihkan noda cat dengan cuka

Ilustrasi cuka putih.Shutterstock/Pat_Hastings Ilustrasi cuka putih.

Cuka merupakan salah satu bahan pembersih rumah yang ampuh untuk menghilangkan berbagai noda, tak terkecuali noda cat yang menempel pada kaca jendela. 

Andre Kazimierski, pelukis profesional dan pendiri Improovy, mengatakan memanaskan cuka merupakan solusi cepat untuk membersihkan cat. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Cat dari Lantai Kayu dengan Lemon

Cuka bisa direbus di atas kompor atau menggunakan microwave, lalu rendam lap selagi masih panas. Gunakan lap tersebut untuk menghilangkan noda di jendela. Selanjutnya, bilas kaca jendela dengan air bersih. 

Namun, ada hal penting yang perlu diperhatikan saat membersihkan kaca dengan cuka. Menurut Leonard Ang, seorang pelukis dan CEO iProperty Management, mengatakan jendela kaca mungkin rentan terhadap kerusakan akibat pelarut berbahan asam. 

Kikis cat kering dengan pisau cukur

Pisau cukur bisa juga bisa digunakan untuk membersihkan noda cat kering di jendela kaca. Cara menghilangkan noda cat di kaca jendela cukup mudah dan bisa dilakukan dengan cepat, namun harus dilakukan hati-hati agar silet tidak menggores permukaan kaca. 

Untuk menggunakan pisau cukup, geser pisau cukup dengan lembut di atas permukaan kaca jendela. Gerakkan pisau cukur secara hati-hati agar permukaan kaca jendela tidak rusak. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Cat di Pakaian, Pakai Baking Soda

Bersihkan noda cat dengan aseton atau terpentin

Terakhir, cara menghilangkan noda cat juga bisa dengan menggunakan aseton atau terpentin. Saat membersihkan noda cat dengan aseton atau terpentin, pastikan sirkulasi udara lancar dan jangan lupa untuk mengenakan alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan. 

Lalu, gunakan lap untuk mengaplikasikan aseton ke kaca jendela secara perlahan agar noda bersih maksimal. 

Cara mencegah cat mengenai kaca

Ilustrasi cat, cat dinding.UNSPLASH/SVEN BRANDSMA Ilustrasi cat, cat dinding.

Selain mengetahui cara membersihkan noda cat di kaca, penting juga untuk mengetahui cara mencegah cat mengena kaca. Berikut penjelasan selengkapnya. 

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Noda Cat Dinding di Lantai Keramik

  • Gunakan selotip pelukis

Salah satu cara mudah mencegah noda cat di kaca yaitu menggunakan selotip pelukis untuk melapisi bagian tepi kaca. 

Selotip pelukis bisa menjadi penghalang cat agar tidak mengenai bagian yang tidak akan dicat. Selotip pelukis mudah dilepaskan tanpa meninggalkan noda baru yang lengket dan kotor. 

  • Oleskan cairan penutup yang bisa dicat

Cairan penutup juga bisa digunakan untuk mencegah cat mengenai kaca jendela. Aplikasikan cairan ini sebelum mulai mengecat. 

Setelah cairan kering, bahan ini akan membentuk penghalang yang melindungi kaca atau area lain yang tidak ingin dicat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat