airtronicfirearms.com

5 Warna Cat yang Membuat Rumah Terasa Lebih Sejuk

Ilustrasi warna biru di dalam kamar tidur.
Lihat Foto

JAKARTA, - Tinggal di negara tropis, seperti Indonesia membuat kita terbiasa dengan suasana panas di siang hari. Tak hanya di luar rumah, suasana panas juga bisa dirasakan hingga ke dalam rumah. 

Hal tersebut membuat banyak pemilik rumah mencari cara untuk membuat rumahnya selalu sejuk, meski cuaca sedang panas. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Membuat Kamar Tidur Terasa Lebih Sejuk

Ada banyak cara agar rumah sejuk alami, mulai dari membuat jendela lebar, membuat ventilasi udara dengan baik, hingga meletakkan tanaman hidup di dalam dan luar rumah. 

Selain itu, ada cara lain agar rumah terasa lebih sejuk yakni dengan menggunakan warna cat yang tepat. Dikutip dari Homes and Gardens, Senin (10/6/2024), berikut ini beberapa warna cat yang membuat rumah terasa lebih sejuk

Putih

ilustrasi kamar tidur berwarna putihShutterstock/Ground Picture ilustrasi kamar tidur berwarna putih

Putih merupakan warna netral dan cerah yang banyak digunakan untuk menghias rumah. Sebagai warna cerah, putih bisa membuat rumah terasa lebih terang. 

Selain itu, warna putih juga bisa membuat rumah terasa lebih sejuk. Sebab, warna gelap bisa menahan panas, maka dari itu jika ingin merasa suasana sejuk di dalam rumah, pilihlah warna terang seperti putih. 

Baca juga: 4 Cara Memilih Warna Cat Putih yang Sempurna untuk Ruangan

Tak hanya membuat rumah lebih sejuk, warna putih juga bisa memberikan kesan lembut, bersih, dan nyaman. Sebagai warna netral, putih juga bisa dipadukan dengan berbagai ornamen dekorasi maupun warna lain yang membuat rumah terasa lebih nyaman. 

Biru

Selain putih, biru juga termasuk warna cat yang membuat rumah terasa lebih sejuk. Warna biru yang dikombinasikan dengan warna putih bersih bisa menciptakan nuansa pantai yang sejuk. 

Sementara itu, Patrick O’Donnell, duta merek internasional Farrow & Ball, mengatakan bahwa dekorasi warna biru terutama warna biru langit juga bisa menambah kegembiraan pada ruangan dan membuat rumah terasa lebih segar. 

Baca juga: 6 Warna Biru Terbaik yang Cocok untuk Mengecat Semua Dinding

Abu-abu

Warna abu-abu juga bisa membuat rumah sejuk dan dingin. Warna ini terinspirasi dari kerikil pantai dan tanah liat yang memberikan kesan alami. 

Dekorasi rumah dengan warna abu-abu juga sangat serbaguna karena bisa dipadukan dengan berbagai warna maupun ornamen dekorasi lain. 

Namun, jika ingin mendinginkan rumah dengan warna abu-abu, maka sebaiknya pilih abu-abu sejuk atau pucat. Sebab, semakin pucat warnanya semakin banyak cahaya yang dipantulkan. 

Sebaliknya, semakin gelap warnanya, semakin banyak cahaya yang diserap dan membuat rumah lebih panas. 

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Ruang Tamu dengan Warna Abu-abu dan Cokelat

Kuning

Gorden di kamar tidur berwarna kuningShutterstock/musa122 Gorden di kamar tidur berwarna kuning

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat