airtronicfirearms.com

5 Cara Memilih Meja Kopi dengan Tepat

Ilustrasi meja kopi kaca di ruang tamu.
Lihat Foto

JAKARTA, - Selain sofa, meja kopi menjadi salah satu furnitur penting di ruang tamu. Meja kopi berguna untuk meletakkan minuman dan makanan ringan saat menjamu tamu. 

Berbeda dengan meja lainnya, biasanya meja kopi dibuat tidak terlalu tinggi. Umumnya, ketinggian meja kopi disesuaikan dengan ketinggian sofa atau tempat duduk di ruangan tersebut, sehingga lebih nyaman saat digunakan. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Meja Kopi

Meja kopi bisa didapatkan di toko furnitur terdekat. Namun, sebelum membeli meja kopi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. 

Dikutip dari Living Cozy, Senin (10/6/2024), berikut cara memilih meja kopi dengan benar yang perlu diketahui. 

Pertimbangkan penempatan meja kopi

Ilustrasi meja kopi kaca di ruang tamu.UNSPLASH/HANNAH BUSING Ilustrasi meja kopi kaca di ruang tamu.

Saat membeli meja kopi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penempatan furnitur tersebut. Penempatan ini akan mempengaruhi ukuran, skala, dan gaya meja kopi yang akan dibeli.

Meja kopi biasanya diletakkan di bagian tengah ruangan dengan tempat duduk besar atau sofa berada di sekitarnya. Maka dari itu, sebaiknya pilih meja kopi yang panjangnya dua pertiga dari panjang sofa. 

Baca juga: 3 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memilih Meja Kopi

Sementara itu, lebar meja kopi sebaiknya jangan terlalu lebar, karena nantinya area di antara sofa dan meja kopi harus ada ruang untuk mobilitas di ruangan tersebut. 

Perhatikan ukuran meja kopi

Selanjutnya, cara memilih meja kopi yaitu memperhatikan ukuran meja kopi. Kathy Kuo, seorang desainer menyarankan untuk mengukur area tempat duduk terlebih dahulu sebelum membeli meja kopi. 

Setelah itu, pilih meja kopi yang ukurannya tidak lebih besar dari area tempat duduk. Sementara itu, untuk ketinggian meja, sebaiknya pilih meja yang tingginya sesuai dengan tinggi sofa. Tujuannya agar meja bisa menunjang kenyamanan saat berada di ruangan tersebut. 

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memilih Meja Kopi

Pilih meja kopi yang aman

Apabila di rumah terdapat anak kecil atau hewan peliharaan, sebaiknya pilih meja kopi yang bagian tepinya rata atau tidak tajam. Meja kopi dengan tepi rata dan halus lebih aman dibandingkan meja kopi yang bagian tepinya runcing dan tajam. 

Selain itu, pilih juga material yang kokoh agar tidak mudah rusak dan berisiko menyebabkan kecelakaan di rumah. 

Sesuaikan model meja kopi dengan gaya interior ruangan

Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih meja kopi yaitu pilih model meja kopi yang sesuai dengan gaya interior ruangan. Ada beberapa model meja kopi yang bisa dipertimbangkan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga: 4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendekorasi Meja Kopi

Ilustrasi meja kopiSHUTTERSTOCK/FORNSTUDIO Ilustrasi meja kopi

  • Meja bergaya tradisional: meja ini biasanya berbentuk persegi panjang. Biasanya terdapat empat kak yang dibuat rendah. 
  • Meja dengan ottoman: meja kopi ini memiliki area permukaan ekstra yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan tambahan. 
  • Meja kopi berbentuk bulat: Meja kopi ini banyak disukai para orang tua karena bagian tepinya tidak bersudut, sehingga aman untuk anak-anak. Meja ini berbentuk unik dan membuat ruangan terlihat lebih menarik. 

Selain tiga model meja kopi yang sudah disebutkan, masih banyak model meja lainnya yang bisa ditemukan di toko furnitur atau dibuat secara khusus sesuai dengan keinginan. 

Baca juga: Tips Memilih Meja Kopi untuk Ruang Tamu, Apik dan Fungsional

Pertimbangkan harganya

Terakhir, cara memilih meja kopi yaitu pertimbangkan harganya. Pastikan harga meja kopi sesuai dengan kualitasnya. 

Jangan tergiur pada meja yang dibanderol dengan harga murah, namun kualitasnya tidak terjamin. Lebih baik membeli meja yang harganya lebih mahal, namun kualitasnya sudah terjamin. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat