airtronicfirearms.com

Cara Membuat Ruang Tamu Luar Ruangan yang Bergaya dan Fungsional

Ilustrasi ruang tamu luar ruangan atau taman.
Lihat Foto

JAKARTA, - Ruang tamu merupakan ruangan yang digunakan untuk berbagai aktivitas mulai dari menjamu tamu, bersantai, berkumpul bersama keluarga, dan aktivitas lain. 

Berbeda dengan ruangan lain yang dibuat di dalam rumah, ruang tamu tidak harus dibuat di dalam rumah. 

Ruang tamu bisa dibuat di luar ruangan. Desain ini cocok untuk rumah kecil yang memiliki keterbatasan ruang. 

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Ruang Tamu Luar Ruangan agar Nyaman dan Menarik

Selain bisa mengefisiensikan penggunaan ruang di dalam rumah, ruang tamu yang dibuat di luar ruangan juga membuat hunian terlihat unik. 

Meski dibuat di luar ruangan, bukan berarti desain dan dekorasi ruang tamu diabaikan begitu saja. Ruang tamu luar ruangan tetap perlu dibuat menarik agar dapat melengkapi estetika di rumah. 

Dikutip dari Zin Home, Selasa (11/6/2024), berikut ini cara membuat ruang tamu luar ruangan yang bergaya dan fungsional. 

Baca juga: 5 Kesalahan Mendesain Ruang Tamu Luar Ruangan yang Harus Dihindari

Memilih furnitur yang tepat

ilusterasi ruang tamu luar ruanganShutterstock/tokar ilusterasi ruang tamu luar ruangan

Meskipun dibuat di luar ruangan, ruang tamu tetap membutuhkan furnitur. Pemilihan furnitur untuk ruang tamu luar ruangan harus dilakukan dengan tepat agar ruangan tetap fungsional. 

Furnitur untuk ruang tamu luar ruangan juga harus berkualitas. Sebab, area ini mudah terpapar panas matahari dan air hujan. 

Furnitur yang harus ada di ruang tamu luar ruangan yaitu tempat duduk dan meja. Dua furnitur ini bisa melengkapi kenyamanan di area tersebut. 

Baca juga: 5 Tren Furnitur Ruang Tamu yang Bakal Populer di 2024

Atur tata letak ruang tamu dengan benar

Selanjutnya, cara membuat ruang tamu luar ruangan yaitu mendesain tata letak ruangan dengan benar. Tata letak yang benar akan membuat ruangan lebih nyaman. 

Buat zona khusus di ruangan ini yang berfungsi sebagai area santai dan tempat berkumpul bersama keluarga maupun tamu yang datang. 

Selain itu, buat juga ruang yang luas untuk mobilitas di area tersebut. Atur juga tempat duduk agar ruangan terasa lebih nyaman dan hangat. 

Baca juga: 6 Ide Tata Letak Ruang Tamu Persegi Panjang

Gabungkan berbagai dekorasi luar ruangan

Tingkatkan tampilan ruang tamu luar ruangan dengan menggabungkan beberapa ornamen dekorasi. Lengkapi ruang tamu luar ruangan dengan pencahayaan yang terang seperti lentera atau lampu senar. 

Selain itu, letakkan juga karpet yang bisa menghangatkan ruangan dan menambah daya tarik visual. Sementara itu, untuk menambah kesegaran di ruang tamu tersebut, letakkan tanaman hijau. 

Rutin merawat furnitur luar ruangan

Ilustrasi ruang tamu di luar ruanganShutterstock/Jason Finn Ilustrasi ruang tamu di luar ruangan

Apabila memiliki ruang tamu luar ruangan, jangan lupa untuk rutin merawat furnitur luar ruangan. Bersihkan furnitur dengan bahan pembersih yang tepat agar furnitur tetap terawat dan nyaman saat digunakan. 

Baca juga: Cara Merawat Furnitur Kayu yang Dicat Agar Tahan Lama

Sementara itu, apabila ada kerusakan, segeralah untuk memperbaikinya agar fungsi furnitur tidak terganggu. 

Nah, itulah sejumlah cara membuat ruang tamu luar ruangan. Penataan dan desain yang tepat membuat ruang tamu luar ruangan terlihat bergaya tanpa mengurangi fungsinya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat