airtronicfirearms.com

Cara Membuat Pupuk untuk Tanaman Tomat, Bisa Pakai Cangkang Telur

Ilustrasi pupuk untuk tanaman tomat, memberi pupuk pada tanaman tomat.
Lihat Foto

JAKARTA, - Tomat merupakan tanaman sayur yang mudah dibudidayakan. Bahkan, tanaman ini bisa ditanam di halaman rumah baik langsung ditanam di tanah maupun di dalam pot. 

Selain mudah ditanam, tomat juga bisa dibudidayakan di segala musim. Namun, untuk membuat tanaman tumbuh subur dan panennya maksimal, tanaman ini memerlukan pupuk yang kaya unsur hara. 

Baca juga: 10 Pupuk Alami untuk Tanaman Tomat, Bisa Dibuat Sendiri

Pilihan pupuk untuk tanaman tomat sangat beragam. Bahkan, pupuk tersebut bisa dibuat sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. 

Dikutip dari Ideal Home, Selasa (11/6/2024), berikut cara membuat pupuk untuk tanaman tomat dengan mudah. 

Pupuk cangkang telur

Ilustrasi menggunakan cangkang telur sebagai sumber nutrisi untuk tanaman, pupuk dari cangkang telur. SHUTTERSTOCK/THAMKC Ilustrasi menggunakan cangkang telur sebagai sumber nutrisi untuk tanaman, pupuk dari cangkang telur.

Cangkang telur bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman. Cangkang telur mengandung kalsium, kalium, fosfor, dan magnesium yang baik untuk pertumbuhan tanaman. 

Nadezhda Yaneva, pakar berkebun dan tanaman di Fantastic Gardeners, mengatakan cara membuat pupuk cangkang telur diawali dengan mencuci kulit telur sampai bersih. 

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini 3 Manfaat Cangkang Telur untuk Kebun

Lalu, hancurkan menjadi potongan-potongan kecil atau giling sampai menjadi bubuk. Selanjutnya, taburkan cangkang telur yang sudah halus di sekitar pangkal tanaman tomat. 

Pupuk dari tanaman comfrey

Tanaman comfrey juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman tomat. Ted Bromley-Hall, seorang pakar berkebun mengatakan bahwa daun tanaman ini bisa digunakan untuk membuat pupuk cair. 

Cara membuat pupuk untuk tanaman tomat dari daun comfrey yang sudah dipetik perlu dicuci sampai bersih. Lalu, masukkan daun tersebut ke dalam ember yang bisa ditutup dengan rapat. 

Baca juga: 5 Sampah Dapur yang Bisa Dijadikan Pupuk Organik untuk Tanaman

Isi ember dengan air sampai daun terendam seluruhnya. Biarkan daun comfrey terendam selama beberapa minggu sampai nutrisi terekstraksi. Namun, pastikan tidak ada bau busuk karena aroma tak sedap menjadi tanda proses pembuatan pupuk gagal. 

Setelah proses pembuatan berhasil, ambil air rendaman comfrey dan tambahkan air untuk proses pengenceran. Setelah itu, siram pupuk yang sudah diencerkan ke tanaman tomat. 

Pupuk kulit pisang

Ilustrasi pembuatan pupuk dari kulit pisangShutterstock/iva Ilustrasi pembuatan pupuk dari kulit pisang

Kulit pisang juga bisa digunakan untuk pupuk tomat. Kulit pisang yang akan diolah menjadi pupuk perlu dipotong-potong terlebih dahulu. 

Setelah itu, benamkan kulit bisa di dalam tanam di sekitar tanaman tomat. Selain itu, kulit pisang juga bisa diolah menjadi pupuk cair. 

Cara membuatnya cukup rendam kulit pisang dalam stoples berisi air selama beberapa hari. Lalu, gunakan air rendaman untuk menyiram tomat. 

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Tanaman Tomat Pakai Kulit Pisang

Pupuk ampas kopi

Ampas kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman tomat. Ampas kopi mengandung nitrogen dalam jumlah banyak, sehingga memberikan ampas kopi ke tanaman tomat bisa membuat tanaman ini tumbuh subur. 

Cara membuat pupuk untuk tanaman tomat dari ampas kopi cukup dengan menaburkan ampas kopi ke pangkal tanaman tomat. Lalu, timbun ampas kopi dengan sedikit tanah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat