airtronicfirearms.com

Cara Memilih Seprai untuk Melengkapi Kenyamanan di Kamar Tidur

seprai berbahan sutra
Lihat Foto

JAKARTA, - Tidur yang berkualitas membawa banyak manfaat untuk tubuh karena membuat tubuh lebih sehat dan segar saat bangun di pagi hari. 

Salah satu cara untuk membuat tidur lebih berkualitas yaitu dengan menggunakan seprai yang nyaman.

Untuk mendapatkan seprai yang nyaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih seprai. Dikutip dari Interior Company, Selasa (11/6/2024), berikut cara memilih seprai yang nyaman dan berkualitas. 

Baca juga: Simak, Tips Memilih Seprai dan Bed Cover yang Sesuai

Perhatikan jenis bahannya

ilustrasi seprai sutraShutterstock.New Africa ilustrasi seprai sutra

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih seprai yaitu bahan seprai tersebut. Umumnya, seprai terbuat dari katun, linen, poliester, dan campuran. 

Setiap bahan memiliki keunggulan tersendiri. Seprai berbahan katun terkenal dengan kelembutan alaminya. Selain itu, seprai katun juga bisa memberikan rasa sejuk dan nyaman saat digunakan. 

Seprai dari linen cenderung lebih panas, sehingga seprai bahan linen cocok digunakan untuk saat musim hujan atau dingin. 

Sedangkan keunggulan seprai poliester yaitu memiliki daya tahan tinggi dengan harga yang relatif terjangkau. Sementara itu, seprai campuran seperti katun-poliester bisa menawarkan kemewahan dan mampu menyerap keringat dengan baik. 

Baca juga: Catat, Ini Bahan Seprai Terburuk dan Terbaik untuk Tidur

Pertimbangkan perawatan seprai

Selanjutnya, cara memilih seprai yang berkualitas yaitu mempertimbangkan perawatannya. Seprai mungkin membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga penyusutan, kerutan, dan perubahan warna. 

Meskipun perawatan tersebut bisa menambah daya tarik estetika, perawatan seprai berlebih bisa mempengaruhi tekstur kain. Jadi, sebelum membeli seprai, sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara perawatannya. 

Sebaiknya, pilih seprai yang perawatannya mudah agar tidak merepotkan saat merawat seprai tersebut di rumah. 

Baca juga: 6 Cara Mencuci Seprai agar Tetap Bersih dan Tahan Lama

Sesuaikan seprai dengan ornamen dekorasi

Ilustrasi seprai satin.Shutterstock/New Africa Ilustrasi seprai satin.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa seprai juga bisa menjadi pelengkap dekorasi. Maka dari itu, sebaiknya sesuaikan warna dan motif seprai dengan ornamen dekorasi rumah. 

Untuk kamar tidur bergaya minimalis modern, sebaiknyaa pilih seprai berwarna putih bersih atau warna netral yang sejuk seperti abu-abu dan krem. Warna tersebut membuat kamar tidur terasa tenang dan nyaman. 

Sementara itu, jika kamar tidur bergaya pedesaan yang santai, seprai dengan tekstur alami dan warna yang terinspirasi dari alam seperti hijau zaitun bisa menjadi pilihan. 

Baca juga: Cara Menyetrika Seprai agar Rapi dan Halus

Pertimbangkan harganya

Terakhir, tips memilih seprai yaitu mempertimbangkan harganya. Saat ini, seprai dijual dengan harga yang sangat bervariasi. 

Harga seprai sangat mempengaruhi kualitasnya. Seprai berkualitas tinggi pasti memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan seprai yang kualitasnya kurang baik. 

Sebaiknya, pilih seprai berkualitas meski harganya mahal karena seprai berkualitas lebih tahan lama dan lebih nyaman saat digunakan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat