airtronicfirearms.com

Cara Memasang Roller Blind di Jendela Rumah

ilustrasi Roller blind
Lihat Foto

JAKARTA, - Roller blind adalah tirai penutup jendela yang bentuknya gulungan. Tirai ini bisa dioperasikan dengan cara ditarik dari arah atas ke bawah. Peroperasiannya bisa dilakukan secara manual atau otomatis menggunakan remote control

Roller blind saat ini banyak digunakan sebagai penutup jendela di rumah, baik jendela di kamar tidur maupun di ruangan lainnya. 

Baca juga: Ragam Manfaat Memasang Roller Blind di Jendela

Penggunaan roller blind membuat tampilan rumah terlihat minimalis, rapi, dan bersih. Selain itu, pengoperasiannya juga cukup mudah dan praktis, berkat fitur pengoperasian otomatis yang dimilikinya. 

Namun, jika ingin menggunakan roller blind, ada teknik pemasangan yang perlu dipahami. Cara memasang roller blind harus benar karena kesalahan saat pemasangan bisa membuat tirai ini sulit dioperasikan. 

Dilansir dari Ideal Home, Selasa (11/6/2024), berikut ini cara memasang roller blind di jendela rumah dengan benar. 

Baca juga: Catat, Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Tirai Kamar Mandi

Apa yang dibutuhkan?

Ilustrasi penggunaan roller blindShutterstock/Astibuk Ilustrasi penggunaan roller blind

  • Roller blind dan perlengkapannya
  • Tangga
  • Pensil
  • Alat pengukur
  • Bor
  • Sekrup

Ukur ruangan dengan benar

Saat membeli roller blind, pastikan ukuran roller blind sesuai dengan ukuran area yang akan dipasangi tirai ini. 

Ryan McDonough, pakar desain interior di My Job Quote, menyarankan untuk memilih roller blind yang ukurannya sedikit lebih lebar atau lebih panjang dari ukuran jendela. Tujuannya agar cahaya yang masuk bisa dihalau dengan maksimal. 

Maka dari itu, penting untuk mengukur lebar dan tinggi jendela yang akan ditutupi roller blind sebelum membeli tirai tersebut. 

Baca juga: 6 Ide Tirai Ruang Tamu yang Cantik dan Menarik

Posisikan baket roller blind

Saat memasang roller blind, mulailah dengan mengidentifikasi ujung mana yang akan menjadi kendali tirai tersebut. Selanjutnya, letakkan braket di tempat yang akan digunakan untuk menggantung roller blind

Setelah memutuskan posisi yang tepat, cek tirai untuk memastikan tirai terpasang dengan rata.

Helen O’Connor, manajer produk di 247 Blinds, menyarankan untuk menandai posisi braket dan membuat lubang dengan bor. Lalu, ambil sekrup dan pasang braket dengan benar. 

Baca juga: Manfaat Menggunakan Tirai Blackout di Rumah

Gantung roller blind

Ilustrasi tirai vertical blind di rumah. SHUTTERSTOCK/ON_DEMAND_PHOTOS_UK Ilustrasi tirai vertical blind di rumah.

Bagian tersulit saat menggantung roller blind adalah memastikan braket berada di posisi dan ketinggian yang tepat. Apabila hal tersebut sudah dilalui, maka tirai akan langsung terpasang pada tempatnya. 

Cara memasang roller blind adalah dengan mengambil tirai dan biarkan terbuka, kemudian dorong ujung pin ke dalam braket. 

Lalu, hubungkan sisi lainnya dengan menekan ujung pin ke dalam. Selanjutnya, masukkan tirai ke dalam cekungan, tekan ke bawah dan tirai akan terpasang pada tempatnya. 

Setelah tirai terpasang, sebaiknya periksa fungsi tirai tersebut. Caranya, tarik tirai ke bawah untuk mengecek ketinggiannya dan memastikan tirai berfungsi dengan baik. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat