airtronicfirearms.com

6 Cara Mengurangi Tagihan AC di Rumah

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.
Lihat Foto

JAKARTA, - Di tengah teriknya cuaca panas, menjaga rumah tetap sejuk dan nyaman menjadi prioritas utama. 

Air conditiong (AC) menjadi peralatan memerangi cuaca panas di dalam rumah atau ruangan. Namun, menggunakan AC dalam waktu lama selama musim panas dapat membuat tagihan listrik melonjak. 

Baca juga: Catat, Ini Suhu AC yang Ideal untuk Menghemat Tagihan Listrik

Untungnya, ada beberapa cara menghemat tagihan listrik saat menggunakan AC. Dengan demikian, dapat menghemat uang dan menikmati cuaca panas dengan nyaman.

Nah, dilansir dari Economic Times, Jumat (5/7/2024), berikut beberapa cara mengurangi tagihan AC di rumah.

Optimalkan pengaturan termostat 

Salah satu strategi termudah dan paling efektif umengurangi tagihan listrik karena AC adalah menyesuaikan pengaturan termostat dengan bijak.

Atur termostat ke suhu tertinggi yang nyaman bagi Anda dan keluarga. Setiap tingkat yang lebih tinggi dapat menghemat banyak uang untuk tagihan listrik.

Sesuai beberapa rekomendasi, atur termostat pada suhu 23-26 derajat Celsius. Ini adalah pilihan suhu tepat dan nyaman, tapi juga ramah kantong. 

Selain itu, Anda juga dapat memasang termostat yang dapat diprogram yang secara otomatis dapat menyesuaikan suhu berdasarkan jadwal harian Anda. 

Baca juga: AC Vs Kipas Angin, Mana yang Terbaik Mendinginkan Rumah?

Merawat dan membersihkan sistem AC 

Ilustrasi membersihkan AC.Shutterstock/Kwangmoozaa Ilustrasi membersihkan AC.
Selanjutnya, cara mengurangi tagihan AC di rumah adalah melakukan perawatan rutin dan pembersihan sistem AC.

Hal ini dapat sangat meningkatkan efisiensi AC serta mengurangi konsumsi energi. Bersihkan atau ganti filter udara secara teratur untuk memastikan aliran udara yang baik serta menghilangkan debu dan kotoran yang dapat menghambat kinerja AC. 

Selain itu, jaga unit AC luar ruangan bebas penghalang, seperti dedaunan atau kotoran, sehingga menghasilkan sirkulasi udara yang lebih baik.

Sebaiknya jadwalkan pemeliharaan profesional setiap tahun untuk mengidentifikasi potensi masalah dan mengoptimalkan efisiensi sistem. 

Baca juga: 6 Penyebab AC Mengeluarkan Suara Keras Saat Dinyalakan, Bikin Bahaya

Memanfaatkan ventilasi alami dan kipas angin 

Memanfaatkan ventilasi alami dan kipas angin juga menjadi cara mengurangi tagihan AC di rumah. 

Buka jendela dan pintusaat cuaca dingin, seperti pagi dan sore hari, agar udara segar dapat bersirkulasi ke seluruh rumah.

Pertimbangkan menggunakan kipas plafon atau kipas angin portabel untuk meningkatkan pergerakan udara, yang dapat menciptakan efek pendinginan serta mengurangi ketergantungan pada AC.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat