airtronicfirearms.com

5 Keunggulan Air Fryer Dibanding Oven

Ilustrasi air fryer.
Lihat Foto

JAKARTA, - Air fryer menjadi peralatan elektronik memasak yang tengah populer dan digunakan di banyak dapur saat ini. 

Air fryer dapat digunakan untuk menggoreng berbagai makanan, seperti kentang, telur, ayam, dan daging dalam waktu singkat dengan hasil renyah dan lezat dengan menggunakan sedikit atau minyak. 

Baca juga: 7 Makanan yang Tidak Boleh Dimasak dengan Air Fryer

Hal ini membuat air fryer dianggap sebagai alternatif lebih sehat daripada metode penggorengan tradisional atau wajan.

Tak hanya menggoreng, air fryer juga dapat digunakan untuk memanggang dan membakar berbagai macam makan malam, makanan ringan, bahkan makanan penutup. 

Selain itu, memanaskan kembali sisa makanan yang sudah dingin agar kembali renyah. 

Kemampuan air fryer dalam memasak ini telah menggesar keberadaan oven di dapur. Sebelum kemunculan air fryer, oven menjadi peralatan opsional di dapur untuk memasak makanan, menghangatkan makanan, hingga membuat kue. 

Kini, air fryer dan oven adalah pertarungan yang sedang berlangsung di dapur-dapur di seluruh negeri. Namun, ada perbedaan utama cara air fryer memasak makanan dibanding oven. 

Untuk membantu memutuskan yang terbaik, berikut sejumlah perbedaan air fryer dan oven dikutip dari Ideal Home, Jumat (5/7/2024). 

Baca juga: Cara Membersihkan Air Fryer dari Noda Minyak dan Sisa Makanan

Apa itu air fryer? 

Ilustrasi air fryer.Shutterstock/perfectloop123 Ilustrasi air fryer.
Air fryer sebenarnya adalah oven mini yang sangat panas dan sefisien untuk memasak. 

Sarah Farquharson, Manajer Pemasaran Merek Senior di Instant Brands--merek di balik air fryer Instant Vortex--mengatakan air fryer memiliki panci panggangan yang dapat dilepas sehingga memungkinkan udara bersirkulasi di sekitar makanan dan mendapatkan bagian luar yang renyah dan bagian dalam yang empuk. 

Sumber panasnya terletak di bagian atas dan bekerja di bawah serta bersirkulasi di sekitar makanan untuk memasaknya. Sedangkan pada kebanyakan oven, elemen pemanas terletak di bagian belakang oven. 

Baca juga: Bikin Rusak, Ini Kesalahan Membersihkan Air Fryer yang Perlu Dihindari

Keunggulan air fryer dibanding oven

  • Gunakan lebih sedikit energi dan uang

Satu hal yang membuat air fryer jauh lebih baik daripada oven adalah menggunakan lebih sedikit energi dan uang untuk memasak makanan yang sama. 

Sarah menjelaskan, ketika krisis biaya hidup terus melanda Inggris, Instant Brands air fryer membantu rumah tangga menghemat hingga 80 persen tagihan energi mereka.

Melalui penelitian yang dilakukan Unconventional Connections pada 2022 menganalisis penggunaan energi, ditemukan memasak dengan air fryer dapat menghemat energi dan biaya hingga 80 persen dibanding oven listrik.  

Baca juga: 5 Makanan yang Tidak Boleh Dimasak di Oven Pemanggang Roti

  • Masak makanan lebih cepat 

Ilustrasi oven.Shutterstock/New Africa Ilustrasi oven.
Selanjutnya, keunggulan air fryer dibanding oven adalah kecepatan memasak. Air fryer meniupkan udara panas ke atas makanan sehingga mempercepat waktu memasak daripada oven konvensional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat