airtronicfirearms.com

6 Cara Mencegah Lalat Masuk ke Rumah

Ilustrasi lalat buah.
Lihat Foto

JAKARTA, - Lalat entah bagaimana selalu menemukan jalan masuk ke rumah kita meski tidak ada satu pun pemilik rumah yang menginginkannya. 

Saat cuaca mulai menghangat secara perlahan, peluang kehadiran lalat ke rumah semakin meningkat. 

Baca juga: Cara Membuat Perangkap Lalat Menggunakan Botol Bekas

Kehadiran lalat di rumah bukan tanpa alasan. Biasanya, lalat muncul di lingkungan yang kotor dan berbau. Tentu saja, kemunculan lalat di rumah tak hanya mengganggu, tapi menunjukkan rumah yang tidak terawat. 

Maka itu, penting mengambil tindakan pencegahan untuk membasmi lalat dari rumah, terlebih mencegahnya kembali muncul. 

Robert Collins, ahli pengendalian hama di MyJobQuote.co.uk, mengatakan mencegah lalat masuk ke rumah tidak mungkin untuk selalu menutup jendela, pintu dan ventilasi setiap saat, terutama dalam cuaca hangat.

Itulah mengapa Anda perlu menggunakan cara mencegah lalat masuk ke rumah.

Menurut penelitian Make My Blinds, pencarian tentang bagaimana cara menghentikan lalat masuk telah meningkat 350 persen dalam tiga bulan terakhir. Jadi, kehadiran hama yang mengganggu ini jelas sudah menjadi masalah. 

Nah, dilansir dari Ideal Home, Senin (8/7/2024), berikut sejumlah cara mencegah lalat masuk ke rumah. 

Baca juga: 7 Cara Membasmi Lalat Buah dari Rumah

Letakkan tanaman wangi di dekat jendela 

ilustrasi tanaman mint di dalam potShutterstock/Veronika Idiyat ilustrasi tanaman mint di dalam pot
Anda mungkin tidak menyadarinya hanya dengan melihatnya, tetapi lalat sebenarnya memiliki indera penciuman cukup sensitif.

Ada beberapa wewangian yang tidak disukai lalat, banyak di antaranya adalah wewangian herbal. Jadi, cobalah menempatkan tanaman yang memiliki aroma harum atau wangi di dekat pintu masuk rumah serta jendela.

"Anda bisa mencegah lalat dengan menanam tanaman herbal pengusir serangga, seperti rosemary dan lavender di dekat jendela, hal ini juga akan membuat rumah Anda wangi," ucap Dr Jonathan Kirby, ahli hama di NOPE!, mengatakan 

Selain itu, tanaman mint, lemon balm, dan kemangi bisa digunakan untuk mencegah lalat masuk ke rumah. Pilih varietas tanamanyang tidak disukai lalat. 

Baca juga: 6 Hal yang Menarik Lalat Masuk ke Rumah dan Cara Membasminya

Bakar lilin beraroma

Selanjutnya, cara mencegah lalat masuk ke rumah adalah membakar lilin beraroma. "Ggunakan lilin dengan aroma serai dan serai wangi," kata Robert.

Trik ini bekerja seperti menempatkan tanaman wangi di dekat jendela, hanya saja dalam kasus ini, lilin beraroma terbaik untuk mengusir lalat.

Menurut Chris Hutton, ahli penyimpanan dan pemilik Adams Selfstore, serai wangi adalah salah satu aroma paling efektif mengusir lalat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat