airtronicfirearms.com

5 Ide Meja Kopi untuk Ruang Tamu, Cantik dan Fungsional

Ilustrasi meja kopi di ruang tamu.
Lihat Foto

JAKARTA, - Meja kopi merupakan salah satu furnitur penting yang biasanya ditempatkan di ruang tamu

Meja kopi umumnya ditempatkan di tengah ruangan sebagai tempat meletakkan teh, kopi, dan camilan saat ada tamu berkunjung. 

Baca juga: 5 Cara Memilih Meja Kopi dengan Tepat

Selain fungsional, meja kopi juga menjadi pelengkap dekorasi yang membuat ruangan terlihat lebih menarik. Maka dari itu, desain meja kopi juga penting untuk diperhatikan. 

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih meja kopi. Dikutip dari Ideal Home, Selasa (9/7/2024), berikut ini ide meja kopi untuk ruang tamu.

Pilih meja kopi yang ukurannya tidak terlalu besar

Ilustrasi meja kopiSHUTTERSTOCK/FORNSTUDIO Ilustrasi meja kopi

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan saat memilih meja kopi untuk ruang tamu yaitu membeli meja yang tidak proporsional dengan ukuran ruangan dan sofa. Dengan kata lain, ukuran meja yang dibeli terlalu besar.

Baca juga: 5 Jenis Meja Kopi untuk Ruang Tamu yang Cantik dan Fungsional

Akibatnya, tampilan meja terlihat kurang menarik dan membuat mobilitas di ruangan tersebut terganggu. Victoria Foster, penata interior di ScS bahkan mengingatkan untuk menghindari meja kopi yang terlalu besar. 

Meja kopi di ruang tamu sebaiknya berukuran kecil agar bisa ditempatkan di depan sofa dan kursi. Selain tampilannya lebih menarik, meja kecil juga tidak akan mengganggu mobilitas di ruangan tersebut. 

Pilih meja kopi dengan desain melengkung

Ide meja kopi untuk ruang tamu selanjutnya yaitu memilih meja kopi dengan desain melengkung. Furnitur dengan bentuk melengkung bisa membuat ruangan terlihat lebih besar dan menciptakan kesan mengalir di dalam ruangan. 

Hal ini diperjelas oleh Victoria yang mengatakan bahwa meja kopi dengan tepi membulat akan memberikan ilusi ruangan yang lebih besar dan terbuka. 

Sebaliknya, furnitur dengan bentuk kotak akan terlihat besar dan bisa membuat ruangan terasa kecil dan tertutup. 

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Meja Kopi di Ruang Tamu

Mengganti meja kopi klasik dengan meja samping

Jika ruang tamu memanjang dan sempit, maka akan banyak ruang di samping sofa, dibandingkan di depan sofa. 

Maka dari itu, untuk ruang tamu yang memanjang dan sempit, sebaiknya jangan gunakan meja kopi klasik. Sebagai gantinya, gunakan meja samping yang diletakkan di samping sofa. 

Manfaatkan kursi ottoman menjadi meja kopi

Saat membeli sofa, biasanya ada kursi tambahan yang dikenal dengan nama kursi ottoman. Kursi ini biasanya dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan tambahan karena bagian dalamnya bisa dibuka dan digunakan untuk menyimpan barang. 

Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan, ottoman juga bisa dimanfaatkan sebagai meja kopi. Meja kopi dari ottoman cocok digunakan pada ruang tamu kecil karena furnitur ini cukup multifungsi. 

Baca juga: Meja Ottoman Solusi untuk Ruang Tamu Kecil

Ilustrasi meja kopi di ruang tamuSHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi meja kopi di ruang tamu

Meja kopi dari kaca

Terakhir, ide meja kopi untuk ruang tamu yaitu meja kopi dari kaca. Meja kopi ini cocok untuk ruangan yang kecil. 

Sebab, material kaca bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Ali dari MADE juga mengatakan bahwa meja kopi dari kaca akan membuat ruangan terasa lebih terang dan lapang. 

Selain itu, meja kaca juga cocok untuk ruangan bergaya minimalis karena tampilannya yang sederhana, ramping, namun tetap cantik. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat