airtronicfirearms.com

Cara Membuat Pestisida Ramah Lingkungan untuk Tanaman Cabai

Ilustrasi tanaman cabai yang tumbuh subur dan sehat tanpa serangan hama
Lihat Foto

JAKARTA, - Hama menjadi musuh utama tanaman budidaya, tak terkecuali tanaman cabai yang dibudidayakan di pekarangan rumah. 

Hama yang menyerang tanaman cabai sangat beragam, salah satunya yaitu hama thrips. Hama ini menyerang tanaman cabai dengan cara menghisap cairan yang ada di permukaan bawah daun. 

Tanda adanya serangan thrips bisa dilihat dari bercak perak yang ada di daun. Lama kelamaan daun akan berubah warna menjadi cokelat tembaga, keriting atau keriput, dan akhirnya tanaman mati. 

Baca juga: Cara Membasmi Hama Kutu Kebul Tanaman Cabai

Pada serangan yang berat, daun, tunas, atau pucuk menggulung ke dalam dan muncul benjolan seperti tumor. Hama ini juga bisa menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat dan kerdil, bahkan bisa menyebabkan pucuk tanaman mati. 

Ilustrasi tanaman cabai, tanaman cabai merah. SHUTTERSTOCK/WORRAKET Ilustrasi tanaman cabai, tanaman cabai merah.

Hama thrips juga menjadi vektor virus mosaik dan virus keriting. Jika dikendalikan dengan cepat dan tepat, hama ini akan menyebabkan tanaman mati. 

Salah satu cara mengendalikan hama thrips yaitu mengaplikasikan pestisida organik yang ramah lingkungan. Pestisida ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah. 

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (9/7/2024), berikut cara membuat pestisida ramah lingkungan untuk tanaman cabai. 

Baca juga: 5 Penyakit Tanaman Cabai dan Cara Mengatasinya

Cara membuat pestisida organik

Pestisida organik untuk tanaman cabai bisa dibuat dari daun sirsak dan air. Daun sirsak bisa dihancurkan dan dicampur dengan air. 

Untuk satu liter pestisida nabati, membutuhkan daun sirsak yang dicampur dengan 10 liter air bersih. Setelah daun sirsak tercampur dengan air, saring larutan tersebut untuk memisahkan larutan dengan ampasnya. 

Cara mengaplikasikan pestisida organik

Pestisida nabati bisa diaplikasikan secara rutin seminggu sekali. Aplikasi pestisida sebaiknya dilakukan di sore hari agar larutan tidak menguap akibat sinar matahari. 

Saat mengaplikasikan pestisida, pastikan cuaca cerah agar bahan aktif pestisida lebih efektif dalam mengendalikan hama. 

Baca juga: 4 Bahan yang Dapat Dijadikan Sebagai Pestisida Organik

Cara kerja pestisida nabati

Bahan aktif yang ada dalam pestisida membuat bahan organik tersebut bisa mengendalikan hama tanaman cabai. Pestisida nabati dapat bekerja dengan beberapa mekanisme, seperti;

ilustrasi aplikasi pestisidaFREEPIK/FREEPIK ilustrasi aplikasi pestisida

  • Menghambat proses reproduksi serangga hama, khususnya serangga betina. 
  • Mengurangi nafsu makan. 
  • Menolak makanan. 
  • Merusak perkembangan telur, larva, dan pupa, sehingga perkembangbiakan serangga terhambat, 
  • Menghambat pergantian kulit hama. 

Itulah cara membuat pestisida ramah lingkungan untuk tanaman cabai. Selain mudah dibuat, pestisida nabati juga lebih murah dibandingkan pestisida kimia yang dijual di toko pertanian. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat