airtronicfirearms.com

7 Penyebab Bunga Anggrek Rontok dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi anggrek dendrobium.
Lihat Foto

JAKARTA, - Anggrek dibudidayakan dan ditanam karena bunganya yang sangat indah. Namun, membuat anggrek mekar bisa menjadi sebuah tantangan.

Waktu dan perhatian ekstra yang diperlukan untuk memelihara bunga serta mencapai pembungaan kembali dapat berakhir dengan kekecewaan jika bunga rontok terlalu cepat atau kuncupnya rontok sebelum dibuka. 

Baca juga: Apakah Tanaman Anggrek Beracun bagi Kucing?

Fase mekar bunga anggrek akan berlangsung selama enam hingga delapan minggu, tapi ada  beberapa varietas dapat berbunga selama beberapa bulan.

Namun, ketika mekar, ada beberapa bunga anggrek mengering dan rontok. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena merupakan hal normal jika bunga anggrek mengering dan rontok satu per satu setelah rata-rata periode mekar yang diharapkan.

Jika hal ini terjadi secara tiba-tiba secara prematur atau ketika kuncup menjadi lunak atau mengering dan rontok tanpa pernah menghasilkan bunga, penyebabnya biasanya adalah perawatan yang salah. 

Tinjau jadwal perawatan sesuai dengan daftar berikut untuk membantu Anda menentukan apa penyebab anggrek kehilangan bunga dan kuncupnya. 

Nah, disadur dari The Spruce, Rabu (10/7/2024), berikut beberapa penyebab bunga anggrek rontok

Baca juga: Cara Menghidupkan Kembali Tanaman Anggrek yang Sekarat

Fluktuasi suhu

Ilustrasi bunga anggrek.Shutterstock/Roman Bjuty Ilustrasi bunga anggrek.
Anggrek biasanya diklasifikasikan menjadi anggrek yang tumbuh sejuk, sedang, atau hangat, bergantung pada kebutuhan suhunya.

Fluktuasi antara suhu siang dan malam hari harus berada dalam kisaran tepat untuk jenis anggrek tertentu.

Terlalu banyak fluktuasi adalah salah satu penyebab bunga anngrek rontok lebih awal. Hal ini juga dapat terjadi ketika suhu naik atau turun di bawah kisaran yang dapat diterima. Periksa lokasi tanam dan bersiaplah memindahkannya jika perlu.

Selai itu, menempatkan tanaman anggrek terlalu dekat dengan ventilasi udara, perapian, pemanas, kipas angin, atau jendela dapat menyebabkan hilangnya mekarnya bunga. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Jenis Anggrek yang Cocok untuk Pemula

Tingkat kelembapan

Selanjutnya, penyebab bunga anggrek rontok adalah tingkat kelembapan. Anggrek tumbuh subur pada kelembapan relatif tinggi antara 40 hingga 70 persen.

Mencapai tingkat kelembapan terbaik untuk mendukung pembungaan bisa jadi sedikit rumit. Jadi, pertimbangkan berinvestasi pada pengukur kelembapan.

Jika bunga anggrek layu dan kuncup menjadi lunak sebelum dibuka, kemungkinan besar itu pertanda kelembapan terlalu tinggi.

Sebaliknya, saat bunga anggrek mengering dan rontok, tingkat kelembapannya terlalu rendah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat