airtronicfirearms.com

Penyebab Kucing Menjilati Tubuh Secara Berlebihan, Bahayakah?

Alasan kucing menjilati tubuhnya sendiri.
Lihat Foto

JAKARTA, - Grooming atau merawat diri menjadi kebiasaan yang dilakukan kucing untuk menjaganya tetap bersih. 

Kucing merawat diri dengan menjilati tubuhnya untuk membersihkan kotoran dan parasit yang menempel. 

Baca juga: 8 Ras Kucing Kecil yang Lucu dan Penyayang

Setidaknya, kucing menghabiskan waktu 50 persun untuk merawat dirinya. Namun, dalam keadaan tertentu, Anda mendapati kucing menghabiskan banyak waktu atau melakukan grooming secara berlebihan. 

Hal ini biasanya menunjukkan kucing mengalami masalah medis dan perilaku. Namun, jika kucing peliharaan tidak memiliki alasan medis untuk melakukan merawat diri sendiri, seperti luka, hal ini disebut alopesia psikogenik. 

Kucing menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjilati dan merawat diri sehingga menyebabkan luka dan kerontokan bulu.

Lantas, bahayakah kucing menjilati tubuhnya secara berlebihan? 

Dikuti[ dari The Spruce Pets, Rabu (10/7/2024), berikut penyebab kucing menjilati tubuh secara berlebihan dan cara mengatasinya. 

Baca juga: Apakah Tanaman Anggrek Beracun bagi Kucing?

Apa yang dimaksud dengan overgrooming pada kucing?

Ilustrasi kucing menjilati kakinya.iStockphoto/Olga Smolina Ilustrasi kucing menjilati kakinya.
Merawat diri secara berlebihan atau overgrooming adalah ketika kucing menghabiskan banyak waktu tidak normal untuk merawat dirinya sendiri secara obsesif.

Hal ini dapat menyebabkan bulu rontok dan luka pada kulit kucing. Ketika kucing menjilati tubuhnya, endorfin, yang merupakan neurotransmiter "rasa nyaman" alami yang dibuat oleh otak, dilepaskan.

Endorfin ini adalah zat kimia yang membuat sensasi merawat diri sendiri terasa nyaman. Ka karena itu, jika kucing peliharaan Anda stres, sahabat bulu mungkin akan melakukan perilaku  menenangkan ini.

Pemilik kucing biasanya mengatakan mereka tidak pernah melihat kucing menikmati pesta jilatan. Hal ini mungkin karena kucing merasa lebih nyaman saat pemiliknya ada di hadapannya dan tidak merasakan dorongan untuk menenangkan diri melalui jilatan.

Ketika pemiliknya tidak ada, kucing mulai merasa tidak nyaman dan melakukan perawatan berlebihan.

Jika melihat kucing menjilati tubuhnya berlebihan, jangan menghukumnya karena hanya akan menambah stres dan memperburuk masalah. 

Baca juga: 10 Perilaku Manusia yang Tidak Disukai Kucing

Penyebab kucing menjilati tubuh secara berlebihan 

Penyebab utama kucing menjilati tubuh secara berlebihan adalah stres. Dengan mengobati penyebab stres dan menambahkan aktivitas penghilang stres serta feromon pada hari kucing, dapat membantu kucing berhenti menjilati tubuh.

Jenis stres yang meresap yang biasanya menyebabkan alopesia psikogenik cenderung bersifat kronis dan terdiri atas sejumlah pemicu stres gabungan, seperti perubahan permanen dalam rutinitas dan lingkungan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat