airtronicfirearms.com

5 Tanaman Merambat yang Dapat Mempercantik Halaman Rumah

Ilustrasi tanaman merambat
Lihat Foto

JAKARTA, - Salah satu cara untuk membuat rumah terlihat lebih cantik dan menarik yaitu dengan menanam tanaman hias

Ada berbagai jenis tanaman yang bisa tumbuh di halaman rumah, termasuk tanaman hias yang merambat. 

Baca juga: 5 Tanaman Merambat Bunga yang Dapat Mempercantik Halaman Rumah

Tanaman merambat tidak hanya cantik, namun juga bisa membuat halaman depan rumah lebih teduh dan nyaman. Pilihan tanaman merambat juga sangat beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi iklim hingga kegemaran pemilik rumah. 

Dikutip dari Homes and Gardens, Rabu (10/7/2024), berikut ini beberapa tanaman merambat yang dapat mempercantik halaman rumah. 

Bunga clematis

Bunga clematis biruShutterstock/MOTOKO Bunga clematis biru

Salah satu tanaman merambat yang bisa ditanam di halaman rumah yaitu bunga clematis. Tanaman ini bisa tumbuh kokoh dengan bunga berwarna cerah yang menonjol. 

Baca juga: 6 Tanaman Merambat yang Tumbuh Subur di Area Teduh

Daun bunga clematis juga sangat rimbun, sehingga membuat halaman rumah lebih teduh. Jac Semmler, penulis Super Bloom, mengatakan bahwa tanaman ini akan berbunga saat cuaca hangat, namun ada juga varietas bunga clematis yang bisa berbunga sepanjang tahun. 

Bunga honeysuckle koral

Tanaman merambat lainnya yang juga bisa ditanam di depan rumah yaitu bunga honeysuckle koral atau Lonicera sempervirens. Zac Gnadinger, pendiri Kentucky Native Plant Project, mengatakan tanaman ini akan tumbuh subur dan rimbun, sehingga membuat halaman rumah lebih segar. 

Bunga ini memiliki warna merah yang cantik dan bisa menarik perhatian burung kolibri dan kupu-kupu. Jika ingin memiliki tanaman yang bisa menarik perhatian hewan liar seperti burung kolibri dan kupu-kupu, maka bunga ini bisa menjadi pilihan. 

Baca juga: 6 Tanaman Merambat yang Cocok Diletakkan di Dalam Rumah

Tanaman hop

Tanaman hop merupakan tanaman hias yang indah dan bisa digunakan untuk mempercantik pintu masuk. 

Alex Tinsman, pendiri How to Houseplant, mengatakan bahwa daun tanaman ini bisa menambah tekstur pada eksterior rumah. Saat tanaman merambat, akan menciptakan penghalau hijau yang dapat memberikan privasi  dengan sentuhan keanggunan. 

Selain cantik, tanaman hias ini juga memiliki manfaat lain seperti menjadi bahan pembuat teh, bir, dan obat. 

Bunga hortensia

Ilustrasi tanaman merambatShutterstock/shadesofquartz Ilustrasi tanaman merambat

Hortensia merupakan tanaman merambat yang tumbuh kuat dan mudah dibudidayakan. Juna Durrant dari perusahaan lanskap Ventures Designs, mengatakan bahwa tanaman ini bisa mempercantik halaman depan rumah. 

Bunga hortensia bisa memberikan kesan dramatis di halaman rumah. Selain cantik, daun dan bunga yang rimbun juga membuat halaman rumah lebih teduh. 

Baca juga: 6 Tanaman Merambat yang Dapat Digunakan untuk Dekorasi Ruangan

Bunga kertas

Terakhir, tanaman merambat yang dapat mempercantik halaman rumah yaitu bunga kertas. Bugenvil atau bunga kertas adalah tanaman hias yang cocok ditanam di depan rumah. 

Bunga ini bisa menutup area dengan luas, sehingga cocok ditanam di taman. Tanaman ini memiliki bunga berwarna cantik, sehingga bisa membuat halaman rumah terlihat lebih menarik. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat