airtronicfirearms.com

6 Tips Membersihkan Dapur Setelah Makan Malam

Ilustrasi membersihkan dapur
Lihat Foto

JAKARTA, - Setelah selesai makan malam, sebaiknya jangan langsung meninggalkan dapur begitu saja. Sebaiknya, dapur segera dibersihkan agar kembali kinclong dan rapi. 

Selain itu, membersihkan dapur segera setelah makan malam juga bisa mencegah hama rumah seperti tikus, kecoak, dan hama lainnya mengotori dapur dan membuat ruangan tersebut menjadi bau. 

Baca juga: Cara Membersihkan Dapur dengan Cepat, Hanya 15 Menit

Cara membersihkan dapur setelah makan malam sebenarnya tidak sulit. Dikutip dari Homes and Gardens, Rabu (10/7/2024), berikut ini sejumlah tips membersihkan dapur setelah makan malam. 

Selalu kosongkan mesin pencuci piring sebelum memasak

mesin pencuci piringShutterstock/goffkein.pro mesin pencuci piring

Sebelum memasak makan malam, sebaiknya kosongkan mesin pencuci piring terlebih dahulu. Jika tidak menggunakan mesin pencuci piring di rumah, maka sebaiknya cuci piring kotor terlebih dahulu. Dengan demikian, wastafel dalam keadaan bersih saat sedang memasak. 

Selain itu, mengosongkan mesin pencuci piring sebelum memasak juga akan mempermudah pekerjaan setelah memasak dan makan malam. 

Jadi, setelah selesai makan malam, piring kotor bisa segera dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring tanpa perlu mengeluarkan piring bersih yang ada di dalam mesin pencuci piring terlebih dahulu. 

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Pencuci Piring dan Mesin Cuci

Susun dan simpan perlengkapan memasak pada tempatnya

Setelah selesai memasak, sebaiknya segera susun dan simpan perlengkapan memasak pada tempatnya. 

Misalnya, meletakkan kembali bumbu dapur di rak atau laci tempat biasa menyimpan bumbu dapur. Cara ini tidak hanya membuat dapur lebih rapi dan bersih, namun juga memudahkan saat memasak kembali di keesokan harinya. 

Buang sampah dan sisa makan di tempat sampah

Selanjutnya, tips membersihkan dapur setelah makan malam yaitu segera membuang sampah dan sisa makan di tempat sampah. Langkah ini akan membuat dapur tetap bersih dan rapi. 

Jika tempat sampah sudah penuh, segera keluarkan dan buang sampah di tempat sampah yang lebih besar. Dengan demikian dapur tidak akan bau. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Tempat Sampah dan Hilangkan Bau Tak Sedap

Cuci perlengkapan masak secepat mungkin

Membersihkan dapur sebenarnya tidak harus dilakukan setelah masakan matang. Sambil menunggu masakan matang, kegiatan membersihkan dapur juga bisa dilakukan. 

Misalnya, mencuci talenan segera setelah selesai digunakan atau langsung mencuci mangkuk, sendok, dan piring setelah digunakan. Cara ini bertujuan untuk mencegah penumpukan peralatan kotor di wastafel. 

Dengan menerapkan tips ini, maka peralatan yang dibersihkan setelah makan malam juga menjadi lebih sedikit. 

Rendam panci dan wajan setelah selesai digunakan

Ilustrasi mencuci panci, membersihkan panci gosong menggunakan kopiSHUTTERSTOCK/LARISA STEFANJUK Ilustrasi mencuci panci, membersihkan panci gosong menggunakan kopi

Saat memasak, biasanya akan ada noda membandel pada panci dan wajan. Salah satu cara mudah untuk menghilangkan noda tersebut yaitu dengan merendam panci dan wajan selama beberapa menit. 

Baca juga: Cara Mencuci Wajan dan Panci Stainless Steel agar Tampak Seperti Baru

Maka dari itu, segeralah untuk merendam panci dan wajan setelah selesai memasak. Setelah makan malam, barulah panci dan wajan dicuci seperti biasa. Dijamin noda yang membandel akan lebih mudah dibersihkan. 

Bersihkan semua permukaan di dapur dan meja makan

Terakhir, tips membersihkan dapur setelah makan malam yaitu membersihkan semua permukaan di dapur maupun meja makan. 

Gunakan lap lembap untuk menyeka noda yang ada di kompor, meja dapur, maupun meja makan. Lalu, keringkan dengan kain lap yang bersih. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat