airtronicfirearms.com

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Blender

Ilustrasi blender, menggunakan blender.
Lihat Foto

JAKARTA, - Blender merupakan perlengkapan dapur yang fungsinya sangat penting. Blender biasanya digunakan untuk menghaluskan bahan makanan, bumbu, bahkan bisa digunakan untuk membuat jus. 

Sebagai alat yang multifungsi, blender menjadi perlengkapan dapur yang wajib dimiliki. Namun, sebelum membeli blender, ada beberapa hal yang harus diperhatimbangkan terlebih dahulu. 

Dikutip dari Medium, Rabu (10/7/2024), berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli blender

Baca juga: 5 Tips Memilih Blender yang Tepat

Daya blender

Ilustrasi blender.Shutterstock/New Africa Ilustrasi blender.

Daya blender sangat bervariasi, ada yang berdaya rendah hingga daya tinggi mencapai 2000 watt. Sebelum membeli blender, pastikan untuk mengetahui daya blender yang akan dibeli.

Sebab, daya blender akan mempengaruhi penggunaan listrik di rumah dan kemampuan dalam menghancurkan bahan makanan. 

Pemilihan daya blender bisa disesuaikan dengan kegunaan alat tersebut. Misalnya, jika blender akan digunakan untuk menghancurkan es batu atau bahan makanan beku, maka sebaiknya pilih blender dengan daya tinggi karena akan berfungsi lebih maksimal. 

Baca juga: Tips Merawat Blender agar Bisa Tetap Awet

Ukuran blender

Selain dayanya, hal yang harus diperhatikan sebelum membeli blender lainnya yaitu ukuran blender. Sama seperti daya, ukuran blender juga sangat beragam. 

Pilih ukuran blender sesuai kebutuhan. Jika sering menghaluskan bahan makanan dalam jumlah besar, maka sebaiknya pilih ukuran blender yang besar, begitupun sebaliknya. 

Namun, perlu diketahui bahwa ukuran blender akan mempengaruhi penyimpanannya. Apabila memilih ukuran blender yang besar, maka pastikan ada ruang penyimpanan yang cukup luas untuk menyimpan blender. 

Suara blender saat dinyalakan

Sudah bukan rahasia lagi, bahkan blender akan mengeluarkan suara bising saat dinyalakan. Suara blender saat dinyalakan menjadi hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli perlengkapan dapur ini.

Jika merasa terganggu dengan suara bising dari blender, maka sebaiknya beli blender yang suaranya tidak terlalu bising saat digunakan. Jangan ragu untuk meminta penjual mencoba blender yang akan dibeli untuk memastikan apakah suaranya terlalu bising atau tidak. 

Baca juga: Cara Membersihkan Blender agar Tetap Higienis, Bebas Bau, dan Awet

Garansi produk

Ilustrasi blender, menggunakan blender.FREEPIK/LIFESTYLEMEMORY Ilustrasi blender, menggunakan blender.

Setiap produk elektronik biasanya memiliki garansi. Masa garansi juga perlu diperhatikan sebelum membeli blender. 

Sebaiknya, pilih blender yang bergaransi lama, sehingga ketika ada kerusakan tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperbaikinya. Cukup bawa blender ke tempat pembelian untuk klaim garansi dan mendapatkan service gratis. 

Harga blender

Terakhir, hal yang harus diperhatikan sebelum membeli blender yaitu harga blender. Di pasaran, harga blender sangat beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. 

Harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas dan fitur yang dimiliki. Tak ada salahnya untuk berinvestasi pada blender mahal karena cenderung lebih awet dibandingkan dengan blender yang harganya murah. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Blender Secara Menyeluruh

Nah, itulah panduan membeli blender yang bisa menjadi acuan sebelum membeli perlengkapan dapur multifungsi ini. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat