airtronicfirearms.com

Catat, Ini Waktu Terbaik Membersihkan Kulkas agar Tetap Optimal

Ilustrasi membersihkan kulkas.
Lihat Foto

JAKARTA, - Memiliki kulkas terbaik sangat penting untuk menjaga bahan makanan yang mudah rusak tetap terjaga dan tahan lama.

Lantaran digunakan sehari-hari, kulkas sering kali rentan mengalami kotoran yang berasal dari tumpahan, bocor, atau noda dari makanan yang disimpan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kulkas Secara Menyeluruh

Hal ini dapat menimbulkan bakteri dan bau tak sedap di dalam kulkas. Itulah mengapa sangat penting membersihkan kulkas dengan rutin dan benar untuk memastikan kulkas tetap bersih, bebas kuman, serta berfungsi optimal.

Namun, tugas membersihkan kulkas sering kali tidak dilakukan rutin dan mendalam, bahkan terlewatkan. Padahal, membersihkan kulkas bukanlah tugas berat.

Menurut para ahli, kulkas adalah salah satu peralatan yang harus dibersihkan lebih dari yang kita berikan dan harus menjadi rutinitas perawatan di rumah yang teratur.

Faktanya, kurang membersihkan kulkas adalah salah satu kesalahan umum yang sering kita lakukan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Kulkas dan Freezer

Seberapa sering harus membersihkan kulkas?

Ilustrasi membersihkan kulkas.Shutterstock/Andrew Rafalsky Ilustrasi membersihkan kulkas.
Baik memiliki kulkas berukuran besar untuk keluarga, kulkas berukuran kecil, maupun kulkas es pintar, peralatan elektronik ini rentan menjadi kotor dari waktu ke waktu.

Peter Hansen, pakar industri perhotelan dan salah satu pemilik Sparrow Estate Management, menyarankan mengusahakan membersihkan kulkas sekali atau dua kali sebulan.

"Hindari juga kesalahan umum membersihkan kulkas, seperti menggunakan spons abrasif atau mengabaikan pedoman produsen, termasuk mengganti filter secara teratur," ucap Hansen. 

Sebelum membersihkan kulkas secara menyeluruh, sebaiknya membuang makanan kedaluwarsa, lama, atau tidak terpakai yang tersembunyi di bagian belakang terlebih dulu. 

Kemudian menyegelnya di dalam kantong untuk dibuang. Menghapus semua item juga akan membuat proses membersihkan kulkas dan mengosongkan ruang lebih mudah. 

Nah, dilansir dari Tom's Guide, Kamis (11/7/2024), berikut cara membersihkan kulkas agar bekerja lebih optimal. 

Baca juga: 4 Sayuran dan Buah yang Harus Disimpan di Kulkas agar Tahan Lama

Gosok bagian bawah setiap dua mingguan

Para ahli menyarankan menggosok bagian bawah kulkas setiap dua mingguan dapat membantu menjaga kebersihan kulkas.

Idealnya, sebelum berbelanja berikutnya, bersihkan rak atau kompartemen dengan kain sabun, atau lap antibakteri.

“Hanya karena kulkas tidak berbau bukan berarti tidak perlu dibersihkan. Kesalahpahaman ini dapat menyebabkan terabaikannya tempat bakteri dan jamur berkembang biak sehingga mempengaruhi kualitas dan keamanan pangan,” kata Hansen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat