airtronicfirearms.com

Kelas Pelatihan Intensif Musikal Budaya Indonesia Kaya Resmi Dibuka, Simak Cara Daftarnya

Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya (RK IMB) Indonesia Kaya
Lihat Foto

Indonesia Kaya membuka program Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya (RK IMB) hingga Minggu (21/7/2024).

RK IMB merupakan kelas pembelajaran musikal intensif gratis bagi 45 seniman panggung. Program ini dirancang dengan kurikulum yang menggabungkan disiplin teknik berstandar internasional dan muatan Nusantara serta menghadirkan para pengajar terbaik.

RK IMB menjadi program intensif yang mengintegrasikan tiga lini disiplin dalam seni panggung, yakni akting, musik, dan tari.

Sejak 2019, Indonesia Kaya telah menyelenggarakan program serupa yang diikuti oleh 672 peminat seni dengan 70 peserta terpilih. Pada 2021-2022, program ini diperbarui dengan konsep hybrid yang intensif bagi 100 peserta.

Program Manager www.indonesiakaya.com Billy Gamaliel menjelaskan, RK IMB dirancang bagi para seniman panggung yang berkeinginan untuk menjadi seniman profesional dan menginjakkan kaki ke industri seni pertunjukan musikal.

“Program tersebut sejalan dengan komitmen nyata kami untuk mendukung seni pertunjukan dari hulu ke hilir agar tercipta regenerasi pada pelaku seniman panggung. Program ini diharapkan juga membuka koneksi untuk terjun langsung ke dalam industri seni pertunjukan,” ujar Billy dalam siaran pers yang diterima , Kamis (11/7/2024).

Hadirkan pengajar terbaik

Billy menjabarkan, seluruh peserta akan mengikuti Kelas Persiapan untuk menyamaratakan kemampuan dasar yang dimiliki sebelum mendalami masing-masing materi di kelas term 1, term 2, dan term 3. Kelas ini akan digelar mulai September 2024 hingga Mei 2025 secara gratis.

"Setiap kelas akan dibawakan oleh pengajar terbaik," tutur Billy.

Sebut saja, Pasha Prakasa yang merupakan seorang penampil, koreografer, serta sutradara yang telah berkecimpung di dunia musikal Indonesia dan mancanegara. Salah satu karya kenamaan Pasha di Tanah Air adalah film Petualangan Sherina 2.

Hadir pula Ufa Sofura untuk mendampingi Pasha sebagai pembimbing seni tari. Perjalanan Ufa di berbagai negara dan kelas berhasil mengharumkan namanya dalam seni tari. Terlebih, dalam kolaborasinya bersama Eko Supriyanto serta Didik Nini Thowok dalam berbagai proyek, seperti Indonesia Menari 2020, Culture Mission Tour Indonesia di USA 2013, dan Opening Miss World di Bali 2013.

Tak kalah menarik, insan berprestasi Indonesia dalam dunia koreografi yang turut bergabung adalah Ayu Gurnitha. Kemampuannya terbukti dalam berbagai karya musikal di Indonesia, seperti Musikal Keluarga Cemara dan filmPetualangan Sherina 2.

Pada bidang vokal, Andrea Miranda sebagai salah satu pengajar di Purwa Caraka Music Studio juga memiliki andil dalam pelatihan program ini. Pengalamannya di bidang seni panggung sebagai pemain, vocal director, dan guru akan memoles kemampuan para peserta.

Andrea akan didampingi oleh Dani Dumadi sebagai vocal coach guna pendalaman skill vokal para peserta.

Kemudian, Venytha Yoshiantini dan Putri Indam Kamila juga turut mewarnai pembelajaran Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya. Keduanya memiliki pengalaman yang matang dalam dunia akting. Selama berkarier, Venytha telah bekerja sama dengan sejumlah pihak ternama, seperti Universal Studios Singapore, Trans Studio, dan Metro TV.

Demikian pula dengan Putri, dirinya yang sempat menjadi peserta IMB 2019 itu mendapatkan beasiswa untuk mengikuti pelatihan singkat di New York. Selain aktif mengajar berbagai disiplin seni di bidang musikal, ia juga terlibat di beberapa pertunjukan serta film, seperti Musikal Keluarga Cemara, Hairspray the Musical, Serial Musikal Nurbaya, Serial Musikal Payung Fantasi, dan film Petualangan Sherina 2.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat