airtronicfirearms.com

Hasil MotoGP Belanda 2024: Bagnaia Sempurna, Ducati Raja di Assen

Pebalap Ducati Italia Francesco Bagnaia dan pebalap Marc Marquez pada balapan Grand Prix MotoGP Spanyol di arena Jerez di Jerez de la Frontera pada Minggu 28 April 2024.
Lihat Foto

- Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia, menjadi pemenang MotoGP Belanda 2024 di Sirkuit Assen, Minggu (30/6/2024). 

Francesco Bagnaia yang start dari urutan pertama, sama sekali tak tersentuh sejak balapan dimulai. Ia terus berada di posisi terdepan dan dominan hingga melewati garis finis.

Ia bahkan sampai memangkas 30 detik dari waktu totalnya pada balapan musim lalu.

Juara dunia MotoGP 2022 dan 2023 itu mengungguli dua rider yang menunggangi motor Ducati lain, Jorge Martin (Pramac Racing) dan Enea Bastianini (Ducati). 

Hasil ini sekaligus menyempurnakan akhir pekan Bagnaia yang sebelumnya juga meraih podium pertama Sprint Race MotoGP Belanda 2024. 

Kemenangan ini juga menjadi ketiga yang beruntun bagi Bagnaia di sirkuit historis yang dijuluki "Cathedral of Speed" tersebut.

Baca juga: Jorge Martin Gabung Aprilia, Marquez Mendekat ke Ducati untuk MotoGP 2025

Tak hanya itu, hasil di Assen tersebut merupakan kemenangan ke-23 Pecco Bagnaia bersama Ducati, menyamakan torehan pebalap asal Australia, Casey Stoner.

Insiden langsung terjadi tak lama setelah balapan dimulai. Alex Rins mengalami crash dan terpental di gravel sehingga tak bisa melanjutkan balapan.

Sementara, Jorge Martin yang start dari urutan kelima mengisi posisi kedua dan menempel rival terdekatnya di klasemen MotoGP yaitu Francesco Bagnaia. 

Martin semula finis di urutan kedua pada kualifikasi MotoGP dan berhak start dari posisi yang sama saat balapan. 

Namun, ia dihukum turun tiga posisi karena dianggap mengendarai motornya dengan lambat di racing line sehingga mengganggu Raul Fernandez. 

Baca juga: Bagnaia Fokus Jaga Keharmonisan Ducati, Marquez Tidak Akan Mengacau

Bagnaia masih bertahan di posisi pertama dengan keunggulan 1,092 detik di depan Martin pada lap keenam. 

Marc Marquez mengejar di urutan ketiga, tetapi tak lama disalip Fabio Di Giannantonio. Dua pebalap lain yang ikut bersaing untuk posisi ketiga ialah Maverick Vinales dan Pedro Acosta.  

Adapun sudah ada tiga pebalap yang gagal finis. Selain Alex Rins, ada juga Marco Bezzecchi dan Joan Mir. 

Perubahan terjadi di barisan tengah setelah Enea Bastianini menyalip Pedro Acosta. Pebalap Ducati itu terus berupaya menutup jarak dengan Vinales yang ada di depannya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat