airtronicfirearms.com

Hadapi Polusi dan Radikal Bebas Selama Commuting, Ini Tipsnya

Parapuan.co – Commuting atau perjalanan pulang pergi dari rumah ke kantor tanpa disadari dapat memengaruhi kesehatan kulit, khususnya kulit wajah.

Dilansir dari laman Stylist, pendiri sekaligus direktur klinik kecantikan Adonia Medical Clinic Ifeoma Ejikeme menyebut, polusi udara dari asap kendaraan dapat menghasilkan zat berbahaya yang disebut radikal bebas.

Radikal bebas dapat menyerang sel kulit serta memperlambat pembentukan kolagen dan elastin. Kerusakan ini dapat mengakibatkan berbagai masalah kulit, mulai dari timbulnya kerutan, garis halus, hingga bintik hitam atau hiperpigmentasi.

“Jika tidak ditangani, radikal bebas saat pulang dan pergi ke kantor juga dapat membuat kulit memerah dan sensitif terhadap sinar matahari," kata Ejikeme.

Selain polusi udara, paparan sinar ultraviolet (UV) saat ber-commuting juga rentan memicu masalah kulit lain, seperti kulit menjadi lebih gelap dan kusam. Selain itu, paparan sinar UV yang berlebih juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk mencegah permasalahan kulit di atas selama ber-commuting, berikut rekomendasi tips yang bisa Kawan Puan coba.

 

  1. Pakai masker

Masker dapat membantu melindungi kulit wajah dari paparan polusi udara dan partikel-partikel berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Bagi Kawan Puan yang memiliki kulit sensitif, pemakaian masker medis dapat diganti dengan masker kain yang lebih lembut dan tidak mengiritasi kulit.

  1. Gunakan pakaian tertutup

Pakaian tertutup dapat memberikan lapisan perlindungan tambahan bagi kulit dari paparan sinar UV dan polusi udara selama ber-commuting.

Bagi Kawan Puan yang tidak berhijab, melindungi kulit dari sinar UV dapat dilakukan dengan menggunakan jaket, sweater, serta memakai kaus kaki dan stocking untuk melindungi area kaki.

  1. Cuci tangan dan wajah di kantor

Membersihkan tangan dan wajah setelah sampai di kantor dilakukan untuk menghilangkan kotoran, debu, dan polutan yang menempel pada kulit selama perjalanan.

Agar tidak perlu berdandan dua kali, Kawan Puan bisa menggunakan basic skincare selama perjalanan, lalu cuci muka di kantor dan bubuhkan wajah dengan full makeup.  

 Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Makanan Sarapan Ini Bisa Buat Kulit Sehat dan Glowing

  1. Bersihkan makeup dengan sempurna

Menghapus makeup secara menyeluruh sesampainya di rumah setelah beraktivitas seharian dapat mencegah penumpukan kotoran dan polusi di wajah.

Kawan Puan bisa melakukan double cleansing, yakni menghapus makeup terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih makeup berbasis minyak atau micellar water, lalu dilanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan pembersih wajah atau facial wash.

  1. Jangan lupa pakai sunscreen

Menggunakan sunscreen dengan SPF yang cukup saat ber-commuting dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV berlebihan dan mengurangi risiko hiperpigmentasi.

Kawan Puan bisa menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 50+ yang mampu melindungi kulit lebih lama di bawah paparan sinar matahari.

Sebagai rekomendasi, Kawan Puan bisa menggunakan tabir surya berbentuk serum dari Garnier, yakni Super UV Invisible Serum Sunscreen dengan kandungan SPF 50+ dan PA++++ .

Garnier Super UV Invisible Serum Sunscreen hadir dengan Air-Lock Technology yang mampu melembapkan, mengunci UV Filter pada kulit, serta terasa ringan dan tidak lengket.

Baca Juga: Mengenal Teknik Rias Airbrush yang Bisa Bikin Wajah Segar Seharian

Sunscreen ini juga dilengkapi dengan formula yang ringan di wajah serta tidak meninggalkan whitecast atau warna abu-abu pada kulit.

Tidak hanya perlindungan yang maksimal dari sinar UV, Garnier Super UV Invisible Serum Sunscreen juga memiliki kandungan serum vitamin C yang kaya antioksidan dan mampu menyamarkan flek hitam akibat paparan sinar UV (sun spots).

Jika tertarik menggunakan produk ini, Garnier Super UV Invisible Serum Sunscreen dapat dibeli di marketplace Garnier melalui Shopee di tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat