airtronicfirearms.com

Persiapan Pelari Perempuan saat Ikut Kompetisi Trail Run seperti Dieng Caldera Race

Parapuan.co - Trail run, olahraga lari yang memadukan aktivitas lari dengan menjelajahi alam bebas, kian populer di kalangan anak muda.

Berbeda dengan lari biasa di jalanan beraspal, trail run menawarkan sensasi berlari di medan yang lebih menantang, seperti pegunungan, hutan, atau bahkan pantai.

Meningkatnya minat terhadap olahraga ini mendorong munculnya berbagai kompetisi trail run, salah satu yang bergengsi adalah Dieng Caldera Race.

Ajang sport tourism ini mengajak para pelari untuk beradu ketangkasan sambil menikmati keindahan alam Dieng, Wonosobo.

Dieng Caldera Race 2024 mencatat peningkatan jumlah partisipan yang signifikan, menunjukkan antusiasme besar masyarakat terhadap trail run.

Jika pada tahun sebelumnya hanya 500 pelari trail yang mengikuti, Dieng Caldera Race 2024 yang diadakan pada 7-9 Juni 2024 lalu mencapai 800 orang. 

Ini membuktikan bahwa mengikuti kompetisi trail run menjadi salah satu impian bagi banyak sport enthusiast, termasuk pelari perempuan.  

Kendati demikian, jika Kawan Puan ingin mengikuti kompetisi trail run, tidak bisa sembarangan. 

Ada berbagai macam persiapan yang perlu Kawan Puan lakukan untuk mengikuti kompetisi seperti Dieng Caldera Race, berdasarkan saran dari para trail runner profesional.

Baca Juga: Lari Sambil Mendaki Gunung, Ini Pengalaman Trail Runner Perempuan di Dieng Caldera Race 2024

Asupan Nutrisi

Hal pertama yang sangat penting untuk dipersiapkan sebelum mengikuti kompetisi trail run adalah menerapkan diet sehat.

"Berusaha diet yang sehat. Low carbohidrate, high protein," ujar Lita Muwardani Sutejdo, pelari perempuan pemenang pertama kategori 10 KM Dieng Caldera Race 2024, .

Hal senada juga disampaikan oleh Widyawati, perempuan pemenang kedua kategori 10 KM Dieng Caldera Race 2024.

"Kita harus jaga asupan nutrisi. Selain proteinnya kita banyakin, juga serat, dan cemilan-cemilan seperti buah-buahan," tuturnya. 

Ditambahkan juga olehnya, untuk membuat staminanya baik, ia juga menghindari konsumsi makanan yang menggunakan tepung. 

Loading nutrisi tersebut sudah dilakukan oleh Widya dua minggu sebelum mengikuti kompetisi trail run seperti Dieng Caldera Race. 

Latihan Fisik

Tak hanya asupan nutrisi yang sehat yang perlu dipenuhi, dari segi fisik, menurut Lita perlu ada training plan.

Baca Juga: Dieng Caldera Race 2024, Kompetisi Trail Run dengan Pesona Alam Wonosobo yang Indah

"Mulai dari jaga kesehatan, runjogging, sepedaan untuk kardionya. Bisa lima sampai enam kali seminggu," ujar Lita.

Dalam latihan tersebut, Lita mengaku bisa melakukannya dengan durasi antara 90 menit hingga 2,5 jam. 

Sementara menurut Gasti Nurina Listya, pelari perempuan pemenang ketiga kategori 10 KM Dieng Caldera Race 2024, melakukan latihan fisik yang lebih spesifik.

"Latihannya lebih khusus lagi, yaitu latihan nanjak, down hill, up hill," tutur Gasti yang melakukannya empat kali dalam seminggu.

Persiapan Mental

Persiapan untuk mengikuti kompetisi trail run tersebut pun bukan hanya soal fisik semata, tapi juga mental yang harus dibangun mengingat medan yang dilalui lebih menantang. 

Misalnya saja menurut Henny Sutanda, pelari perempuan yang memenangkan posisi pertama kategori 75 KM di Dieng Caldera Race 2024. 

"Harus tabah hahaha. Karena apa yang kita pikirkan itu enggak semudah kenyataaanya. Kita harus bisa melawan diri sendiri untuk enggak gampang cengeng, manja, pasti bisa. Tabah aja," ujarnya menyarankan.

Serupanya dengan yang disampaikan oleh Yuni Noor Hayati, pelari perempuan pemenang kedua Dieng Caldera Race 2024 kategori 42 KM.

Baca Juga: Jadi Atlet Trail Runner, Ini Pelajaran Hidup yang Didapat Septiana Nia Swastika

Yuni menambahkan bahwa melalui kompetisi ini mengajarkannya bahwa trail run bukan hanya soal fisik yang prima, tapi juga mental yang kuat.

"Kuncinya mental sih. Karena kan capek banget, susah. Kalau mentalnya enggak kuat, bisa berenti di tengah jalan," imbuhnya lagi.

Jadi, sebelum Kawan Puan mengikuti kompetisi trail run seperti Dieng Caldera Race, pastikan telah mempersiapkan fisik, nutrisi hingga mentalmu yah.

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat