airtronicfirearms.com

Mengenal Invoice Digital, Teknologi Terintegrasi untuk UMKM

Parapuan.co – Seiring dengan semakin masifnya digitalisasi, teknologi menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia bisnis. Berbagai inovasi teknologi telah memberikan kemudahan dan efisiensi bagi perusahaan, baik berskala besar maupun kecil.

Salah satu sektor yang merasakan dampak signifikan dari kemajuan teknologi adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Untuk mengelola transaksi, UMKM bisa menggunakan aplikasi pengelolaan invoice bisnis yang mampu membuat, mengirim, dan melacak pembayaran invoice secara efisien.

Khusus untuk UMKM, teknologi yang mampu menjawab kebutuhan manajemen invoice adalah aplikasi Pembukuan Digital dari Telkomsel Enterprise.

Aplikasi Pembukuan Digital hadir dengan fitur Point of Sales yang mencakup laporan keuangan laba dan rugi, neraca, serta arus kas UMKM.

Untuk aktivitas operasional, aplikasi ini juga memungkinkan UMKM untuk mencatat penjualan, mengelola stok barang, dan memantau kinerja bisnis.

Tidak hanya itu, aplikasi Pembukuan Digital dari Telkomsel Enterprise juga hadir dengan sejumlah kelebihan bagi UMKM. Berikut rinciannya.

1. Mengurangi kesalahan

Pembukuan digital dapat mengelola penerimaan uang dan kembalian dengan cara yang praktis. 

Pengisian data melalui sistem juga mampu meminimalisasi risiko kesalahan penulisan dan kehilangan dokumen.

 2. Meningkatkan efisiensi

Sistem pembukuan digital dapat menghemat waktu dan sumber daya yang sebelumnya digunakan untuk mengerjakan laporan secara manual.

Waktu yang dihemat dapat dialokasikan pelaku UMKM untuk fokus pada pengembangan bisnis, pemasaran, dan pelayanan pelanggan.

Baca Juga: Butuh Me Time, Pelaku Ide Usaha Perempuan Bisa Lakukan 5 Hal Ini

3. Mendukung akuntabilitas

Pembukuan digital dapat membantu transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan.

Transaksi dan invoice UMKM juga tersimpan aman dalam sistem digital, sehingga memudahkan proses audit dan pengelolaan utang piutang.

4. Kemudahan dalam mengelola bisnis

Pembukuan digital dapat menjadi solusi bagi UMKM dalam mengelola bisnis dan mengontrol operasional di berbagai cabang.

Dengan satu perangkat, pemilik usaha dapat memantau arus kas, mencatat penjualan, dan menganalisis kinerja bisnis secara real-time.

Keunggulan lainnya, aplikasi ini juga menyederhanakan proses keuangan sehingga mudah dipahami bahkan tanpa bantuan akuntan.

Baca Juga: Manfaat Memiliki Ide Usaha Usai Pensiun, Tetap Produktif di Usia Lanjut

Selain itu, aplikasi pembukuan digital juga menyediakan akses langsung ke layanan pelanggan, memberikan dukungan dan solusi cepat untuk setiap permasalahan yang muncul.

Apabila mengalami kendala, UMKM dapat menghubungi layanan #PastiAdaSolusi dari Telkomsel Enterprise yang tersedia 24 jam setiap hari.

Dengan begitu, UMKM dapat memperoleh bantuan dan solusi cepat untuk mengatasi masalah teknis maupun operasional yang mungkin timbul, sehingga bisnis tetap berjalan lancar dan produktivitas tetap terjaga. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat