airtronicfirearms.com

Jual Tol Semarang-Demak dan Desari, PP Incar Rp 3 Triliun

Tol Semarang-Demak.
Lihat Foto

JAKARTA, - PT PP (Persero) Tbk berencana melepas kepemilikan saham (divestasi) atas Tol Semarang-Demak dan Tol Depok-Antasari (Desari) senilai Rp 3 triliun pada tahun ini.

Menurut Senior Vice President (SVP) of Corporate Secretary PP Bureau Joko Raharjo, sudah ada dua hingga tiga calon investor yang berminat.

"Calon investor sudah ada, ada beberapa, dari private, nanti kita sampaikan perusahannya, sekitar 2 sampai 3 investor," terang Joko dalam media gathering perusahaan di Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Kendati demikian, dirinya belum mau membeberkan siapa saja investor-investor yang kepincut atas aset perseroan tersebut.

Ruas Tol Semarang-Demak yang akan dijual adalah Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 kilometer milik Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak (PPSD).

Selain ruas tol tersebut, perseroan juga akan mendivestasi Tol Desari. Sehingga, otal perolehan dana yang ditargetkan perseroan sekitar Rp 3 triliun.

Baca juga: Ini Sederet Inovasi yang Ada di Jalan Tol

"Target kita divestasi sebagian tahun ini, senilai Rp 3 triliun, itu secara nilai equity (ekuitas)-nya ya," tutur dia.

Tol Semarang–Demak memiliki panjang 26,40 kilometer yang dibangun dalam dua seksi melalui skema Kerja Sama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU).

Sementara Tol Desari dirancang dengan total panjang keseluruhan 21,6 kilometer dan terbagi menjadi empat seksi.

Seksi I (Antasari-Brigif) sepanjang 5,80 kilometer yang sudah diresmikan dan beroperasi pada 2018, dan Seksi II (Brigif-Sawangan) sepanjang 6,30 kilometer.

Kemudian, Seksi III (Sawangan-Bojong Gede) sepanjang 9,50 kilometer, dan Seksi IV (Bojong Gede-Salabenda) sejauh 6,4 kilometer.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat