Temuan Fosil Zaman Jurassic Bantu Jelaskan Evolusi Telinga Manusia

Ilustrasi shuotheriid, makhluk kecil seukuran tikus hidup di zaman dinosaurus

- Studi fosil dari era Jurassic berhasil memberikan wawasan baru tentang bagaimana mamalia seperti manusia berevolusi, khususnya bagaimana kita bisa memiliki telinga dan gigi seperti saat ini.

Total ada empat fosil berusia lebih dari 164 juta tahun yang diteliti dalam dua penelitian ini.

Baca juga: Fosil Pohon Langka Ungkap Evolusi Tanaman, Seperti Apa?

Semua fosil merupakan fosil mamalia, kelompok yang berisi mamalia dan kerabat terdekat mereka yang telah punah. Dan tiga dari empat fosil merupakan shuotheriids, makhluk kecil seukuran tikus yang hidup satu zaman dengan dinosaurus.

Shuotheriids sendiri telah membingungkan ahli paleontologi sejak tahun 1980-an.

Bentuk gigi mereka tidak sesuai dengan mamalia masa kini sehingga membuat bingung untuk memahami evolusi mamalia.

Hal tersebut, dikutip dari Science Alert, Jumat (12/4/2024), membuat para ahli bertanya-tanya tentang bagaimana mamalia bisa berpindah hidup dari zaman dinosaurus ke era modern, di mana mamalia mendominasi dan bagaimana berbagai cabang evolusi saling terhubung.

“Penelitian kami mempertanyakan teori-teori terkini dan menawarkan sudut pandang baru mengenai sejarah evolusi mamalia,” kata ahli paleontologi Patricia Vickers-Rich, dari Monash University di Australia.

“Kami memberikan wawasan penting mengenai hubungan filogenetik dan lintasan evolusi shuotheriids, yang hanya sedikit diketahui hingga ditemukan baru-baru ini di Tiongkok,” paparnya lagi.

Analisis gigi lebih jauh kemudian mengungkapkan shuotheriids memiliki gigi yang mirip dengan pola geraham sekelompok mamalia lain yang disebut docodontans, yang merupakan cabang awal dari kelompok mamalia yang akhirnya menjadi nenek moyang kita.

Jadi, berdasarkan fosil baru ini, para peneliti berpendapat bahwa shuotheriids seharusnya dikelompokkan lebih dekat dengan docodontans.