airtronicfirearms.com

Kenapa Jupiter Berputar Sangat Cepat?

Ilustrasi Jupiter
Lihat Foto

- Planet Jupiter adalah planet kelima dari matahari, dan merupakan planet paling besar di tata surya. Sebagai gambaran, ukuran Jupiter dua kali lebih besar dari gabungan semua planet lainnya.

Jupiter memiliki sejumlah karakteristik dan keunikan. Salah satunya, Jupiter mengalami rotasi yang sangat cepat, meski ukurannya sangat besar.

Rotasi Jupiter

Jupiter adalah planet yang berputar paling cepat di tata surya. Jupiter berputar rata-rata sekali hanya dalam waktu kurang dari 10 jam.

Penyebab Jupiter berputar sangat cepat adalah massa planetnya. Ketika planet-planet terkondensasi dari piringan material yang mengelilingi Matahari, mereka secara alami mempertahankan momentum sudut.

Ini diibaratkan seperti seorang pemain seluncur es yang melakukan putaran yang lebih cepat dengan menarik lengannya ke arah tubuhnya, sebuah planet proto pun berputar lebih cepat karena ia berkontraksi karena gravitasi.

Baca juga: Mengapa Jupiter Tidak Bisa Menjadi Bintang?

Semua planet raksasa gas mempunyai massa yang tinggi, sehingga laju rotasinya pun cepat, dan Jupiter menjadi yang paling masif dan tercepat.

Durasi rotasi Jupiter sangat cepat, terutama mengingat betapa besarnya Jupiter. Dengan demikian, Jupiter pun memiliki hari terpendek di antara semua planet di Tata Surya.

Karena Jupiter adalah planet gas, ia tidak berotasi sebagai bola padat. Ekuator Jupiter berotasi sedikit lebih cepat dibandingkan wilayah kutubnya dengan kecepatan sekitar 43.000 km per jam.

Dengan rotasi tersebut, durasi satu hari di Jupiter bervariasi dari 9 jam 56 menit di sekitar kutub hingga 9 jam 50 menit di dekat khatulistiwa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat