airtronicfirearms.com

5 Exoplanet Teraneh yang Pernah Ditemukan

Ilustrasi exoplanet atau planet di luar tata surya
Lihat Foto

-

- Sejak penemuan exoplanet pertama pada tahun 1990an, berbagai macam "dunia" yang aneh dan indah telah ditemukan mengorbit bintang di luar Tata Surya.

Dengan banyaknya misi perburuan planet exoplanet baru yang sedang direncanakan, mungkin masih banyak lagi planet unik yang akan ditemukan di tahun-tahun mendatang.

5 Exoplanet teraneh yang pernah ditemukan

Berikut adalah beberapa exoplanet teraneh yang pernah ditemukan:

1. HD 189773b

Planet HD 189773b hanya berjarak 64 tahun cahaya dari Bumi dan dijuluki sebagai "Jupiter yang panas". Planet ini mungkin terlihat seperti marmer biru tua yang indah, yang mengambang dengan tenang di angkasa.

Namun, HD 189773b adalah planet yang berbahaya. Selain terputar kencang oleh angin yang bertiup dengan kecepatan 8.700 km/jam, kita juga akan tercabik-cabik oleh hujan kaca jika mengunjunginya.

Warna biru yang indah dari planet ini adalah pantulan silikat di atmosfernya, yang ketika dipanaskan oleh suhu planet sebesar 1300°C, akan membentuk butiran kaca.

Baca juga: Astronom Deteksi Pelangi di Exoplanet, Seperti Apa?

2. TOI 849 b

Ditemukan pada tahun 2020 oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA, TOI 849 b bukanlah planet yang menyenangkan.

Planet ekstrasurya ini mengorbit sangat dekat dengan bintangnya, sehingga satu tahun berlalu dalam 18 jam.

Apa yang menjadikan TOI 849 salah satu planet ekstrasurya teraneh adalah sifat hibridnya. Meski seukuran Neptunus, planet ini padat dan berbatu, bukan gas. Faktanya, planet ini merupakan planet berbatu terbesar yang pernah ditemukan, bahkan 40 kali lebih besar dari Bumi.

3. WASP-12b

Hanya sekitar tiga juta tahun setelah kehancurannya, WASP-12b terus berputar menuju kehancuran di tangan bintang induk katai kuningnya.

Penelitian menunjukkan bahwa planet ini, yang terletak 600 tahun cahaya di konstelasi Auriga, kini berada sangat dekat sehingga mulai bergoyang dan terdistorsi akibat pengaruh gravitasi bintang, sementara radiasi bintang yang intens menyebabkannya membengkak hingga hancur berantakan.

Baca juga: NASA Ungkap Potensi 17 Exoplanet untuk Tampung Lautan Air Cair

4. 55 Cancri e

Sebuah planet yang terbuat dari berlian pasti menjadi salah satu exoplanet paling aneh yang ditemukan. Planet ekstrasurya yang mengorbit di sekitar bintang induk 55 Cancri A ini mungkin benar-benar permata.

55 Cancri e merupakan planet super pertama yang ditemukan di sekitar bintang deret utama, kaya akan karbon sehingga, dan berkat tekanan yang sangat besar serta suhu 2.700°C, bagian dalamnya terbuat dari berlian.

5. TrES-2b

Planet TrES-2b sangat hitam. Bentuknya hampir tidak terlihat karena cahaya, sepertinya, jatuh ke dalamnya.

Diidentifikasi oleh Teleskop Luar Angkasa Kepler NASA pada tahun 2011, ini TrES-2b planet ekstrasurya paling gelap yang diketahui, memantulkan kurang dari 1 persen cahaya yang mengenainya.

TrES-2b mengorbit bintang yang berjarak sekitar 750 tahun cahaya ke arah konstelasi Draco dan merupakan planet paling gelap yang pernah ditemukan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat