Studi: Waktu Dapat Bergerak 9 Persen Lebih Lambat bagi Manusia

Ilustrasi waktu

Sebuah penelitian baru menjelaskan bagaimana seorang yang berolahraga merasa waktu berjalan 8-9 persen lebih cepat dibandingkan waktu sebenarnya, membuat jam terasa berdetak lebih lambat.

Baca juga: Kenapa Beberapa Memori Bisa Kita Ingat dalam Waktu yang Lama?

Bagaimana waktu terasa lebih lambat?

Penelitian baru-baru ini yang terbit dalam jurnal Brain and Behavior dilakukan pada 33 peserta. Peserta diminta menyelesaikan lintasan sepeda stasioner sejauh 4000 meter. Mereka diminta memperkirakan interval 30 detik di lima titik.

Menariknya, rata-rata peserta mengira 30 detik telah berlalu padahal sebenarnya hanya 27 detik yang berlalu. Artinya, mereka merasa 8-9 persen lebih cepat dibandingkan waktu sebenarnya, membuat jam terasa berdetak lebih lambat selama berolahraga.

Sebuah studi ilmiah tahun 2020 diterbitkan dalam Experimental Brain Research menemukan bahwa manusia merasa bahwa waktu berlalu lebih lambat ketika mereka mengamati gerakan biologis dibandingkan dengan gerakan non-biologis.

Hal tersebut sebenarnya sejalan dengan teori relativitas umum Albert Einstein.

Teori relativitas umum

Teori tersebut menjelaskan  bahwa waktu bersifat relatif, artinya lajunnya dapat bervariasi tergantung pada kecepatan dan medan gravitasi, dikutip dari Space.

Semakin cepat seseorang bergerak, semakin lambat waktu akan berjalan baginya dibandingkan dengan orang yang diam. Efek ini menjadi sangat signifikan pada kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya.

Contohnya, jika seorang astronot bergerak dengan kecepatan 90% dari kecepatan cahaya, waktu baginya akan berjalan 2 kali lebih lambat dibandingkan dengan orang di Bumi.