airtronicfirearms.com

12 Fakta Menarik Penguin, Burung Asal Kutub yang Setia

Ilustrasi penguin kaisar
Lihat Foto

- Dari semua makhluk lucu di dunia ini, penguin mungkin menduduki peringkat teratas sebagai salah satu yang paling menggemaskan.

Namun, di balik penampilannya yang menggemaskan, terdapat banyak fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui tentang spesies ini.

Baca juga: Kenapa Penguin Suka Berkerumun?

Apa saja fakta menarik penguin? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Habitat penguin meluas lebih dari Antartika

Meskipun sering diidentikkan dengan Antartika, penguin bisa ditemukan di berbagai lokasi, termasuk Chili, Kepulauan Falkland, dan Selandia Baru, serta di berbagai wilayah di Australia, Amerika Selatan, dan Afrika Selatan.

Dari 18 spesies yang ada, hanya dua spesies, penguin Adelie dan penguin Kaisar, yang hidup secara eksklusif di Antartika.

2. "Tuksedo" penguin adalah perlindungan alami mereka

Penampilan hitam putih penguin sebenarnya merupakan adaptasi yang brilian. Warna hitam membantu mereka menyamar di dalam air gelap, sedangkan perut putih menyamarkan mereka dari mata predator yang mengintai dari atas.

3. Penguin adalah hewan yang setia

Mereka hidup dalam koloni besar dan cenderung menjalani kehidupan sosial yang sangat aktif.

Meskipun sering kali kawin seumur hidup, penguin sering terpaksa berpisah dengan pasangannya selama berbulan-bulan untuk mencari makanan.

Namun, hubungan mereka tetap kuat meskipun jarak memisahkan.

Baca juga: Apakah Penguin Punya Lutut?

4. Kaki penguin beradaptasi untuk berjalan jarak jauh

Mereka telah beradaptasi untuk berjalan jauh, bahkan menempuh perjalanan hingga 60 mil melintasi lautan es untuk mencapai tempat berkembang biak mereka.

Kaki mereka juga berfungsi sebagai kemudi saat berenang, membantu mereka mengendalikan arah gerakan mereka di dalam air.

5. Romantisme di dunia penguin

Banyak penguin jantan menunjukkan keahlian merayu dengan memberikan "hadiah" kepada penguin betina yang mereka cintai. Namun, hadiah ini tidaklah perhiasan mahal, melainkan batu yang dipilih dengan teliti.

Tindakan ini, meskipun sederhana, adalah bagian penting dari proses kawin dan perjalanan romantika mereka.

6. Penguin suka berkumpul karena beberapa alasan

Kumpulan penguin membawa manfaat ganda bagi burung-burung ini, melindungi mereka dari pemangsa dan membantu mempertahankan kehangatan di habitat yang sangat dingin.

7. Penguin berevolusi untuk terbang di bawah air

Penguin telah berevolusi untuk terbang di bawah air dengan menggunakan tulang yang kokoh, mengurangi daya apung mereka dan membantu mereka berenang lebih efisien.

Baca juga: Kemampuan Super Penguin, Bisa Tidur Singkat Ribuan Kali dalam Sehari

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat