airtronicfirearms.com

Seperti Apa Goa Kristal Raksasa Meksiko yang Mematikan

Kristal gipsum di gua Naica.
Lihat Foto

Sebuah gua dengan kristal-kristal raksasa ditemukan pada tahun 2000 setelah air dipompa keluar oleh sebuah perusahaan pertambangan.

Kristal besar berwarna putih susu menjulang tinggi memenuhi gua yang berbentuk tapal kuda, menurut Chemical & Engineering News.

Baca juga: Di Mana Gua Terdalam di Dunia?

Gua Kristal Nica, Meksiko

Gua kristal terletak 290 meter di bawah tanah, di puncaknya terdapat gunung Nica yang kaya akan timbal, seng, dan perak.

Sejak ditemukan oleh perusahaan pertambangan Industrias Peñoles, ruang bawah tanah ini telah menarik perhatian para peneliti dari seluruh dunia, memikat mereka dengan keindahan langka dan misteri ilmiah.

Setelah air di seluruh gua di kuras, menjadi jelas bahwa Gua Kristal Raksasa adalah tempat yang tidak ramah. Suhu udara tidak hanya meningkat hingga 47,1 derajat Celcius, tetapi tingkat kelembapannya juga mendekati 100 persen.

Saking lembabnya tempat tersebut, pengunjung yang berlama-lama berisiko mengalami pengembunan cairan di dalam paru -parunya. Hal tersebut dapat berakibat fatal, dikutip dari How Stuff Works.

Bagaiaman Gua Kristal Terbentuk

Diketahui, magma di bawah Gua Kristal Raksasa menjaga air di dalam gua tetap nyaman dan panas. Namun pada akhirnya, suhu air tetap turun sedikit di bawah 58 derajat Celsius.

Setelah hal tersebut terjadi, anhidrat mulai terurai, mengisi air dengan kalsium dan sulfat. Partikel-partikel tersebut perlahan mulai bergabung kembali menjadi sejenis gipsum yang dikenal sebagai selenit.

Baca juga: Manusia Menjelajah Gua yang Dalam di Perancis Sejak 8.000 Tahun yang Lalu

Kristal selenit berwarna putih memenuhi gua. Karena kristal-kristal tersebut tetap berada di bawah air dengan suhu 58 derajat Celsius, mereka dapat terus tumbuh hingga menjadi kristal raksasa.

Memang benar, pembentukan kristal raksasa tersebut tidak terjadi dalam semalam. Sebuah penelitian pada tahun 2011 dalam Proceedings of the National Academy of Sciences berpendapat bahwa, diperlukan waktu antara 500.000 hingga 900.000 tahun untuk menumbuhkan kristal selenit berukuran diameter 1 meter.

Namun, seiring berjalannya waktu, kristal-kristal ini dapat mencapai ukuran yang menakjubkan. Banyak yang panjangnya 4 hingga 6 meter.

Sedangkan yang terbesar , panjangnya mencapai 11 meter dan tebal 1 meter, dikutip dari Phys.org.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat