airtronicfirearms.com

Kapan Kucing Mulai Dipelihara di Eropa?

Ilustrasi kucing.
Lihat Foto

- Tulang kucing domestik berusia sekitar 8.000 tahun baru-baru ini ditemukan di Serbia dan Polandia.

Temuan tersebut mengungkap fakta baru sejarah domestikasi hewan peliharaan paling awal dan paling dicintai umat manusia.

Penemuan ini mempertanyakan sejarah yang menyebut kucing peliharaan tiba di Eropa pada Zaman Kuno Akhir, yang difasilitasi oleh jaringan perdagangan yang didirikan oleh Kekaisaran Romawi.

Asal usul domestikasi kucing

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan terus meneliti untuk menentukan di mana dan kapan kucing pertama kali dijinakkan.

Terakhir, pada tahun 2017, analisis paleogenetik mengklarifikasi bahwa kucing liar Timur Dekat (Felis silvestris lybica) adalah nenek moyang semua kucing peliharaan.

Sekitar 9.000 tahun yang lalu, kucing liar ini memulai perjalanan domestikasi mereka di Fertile Crescent (Bulan Sabit Subur), sebuah wilayah berbentuk bulan sabit di Timur Tengah, yang mencakup Irak, Israel, Yordania, Lebanon, Palestina, Suriah, Kuwait, Turki tenggara, dan Iran bagian barat.

Mereka kemungkinan besar tertarik ke pemukiman manusia karena ingin mendapatkan mangsa dengan mudah, yaitu hewan pengerat yang memakan biji-bijian yang disimpan di rumah.

Saat itu, pertanian baru berusia seribu tahun, dan kucing menyediakan "jasa" berupa pengendalian hama alami yang menurut para petani awal sangat berharga.

Berbeda dengan anjing yang dibiakkan untuk tujuan tertentu seperti berburu, kucing mudah berintegrasi ke dalam kehidupan manusia.

Peristiwa domestikasi terpisah terjadi di Mesir sekitar 6.000 tahun yang lalu, yang menghasilkan kucing yang lebih jinak dan mudah bergaul.

Orang Mesir kuno memuja hewan ini, seperti yang diilustrasikan oleh dewi berkepala kucing, Bastet. Faktanya, kucing sangat dihargai oleh orang Mesir kuno, sehingga membunuh seekor kucing merupakan pelanggaran berat yang bisa membuat seseorang dieksekusi.

Kucing peliharaan awal ini masih terlihat sangat mirip dengan kucing liar. Baru pada abad ke-19, para peternak mulai bereksperimen dengan mengawinkan kucing-kucing yang berbeda, sehingga menghasilkan ras-ras kucing yang kita kenal sekarang.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Warna Baru Kucing, Seperti Apa?

Kucing pertama di Eropa Tengah

Meskipun kucing telah didomestikasi selama beberapa waktu di Mesir dan Timur Dekat, asumsi yang ada adalah bahwa kucing peliharaan mulai muncul di Eropa sekitar abad ke-3 atau ke-4 Masehi.

Magdalena Krajcarz dari Nicolaus Copernicus telah menganalisis enam sisa-sisa kucing Neolitik dengan karakteristik kucing Timur Dekat dari Polandia selatan dan Serbia. Dia membandingkannya dengan kucing liar Eropa pada periode yang sama.

Dalam studi ini, peneliti menggunakan analisis isotop stabil untuk memeriksa pola makan kucing.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat