airtronicfirearms.com

Asal Usul Air Tawar di Bumi

Jack Hills di wilayah Mid West Australia Barat
Lihat Foto

Air segar sangat penting bagi kehidupan di Bumi. Namun kapan zat penting ini pertama kali muncul di planet biru kita?

Penelitian baru yang dipimpin oleh ahli geologi di Curtin University di Australia Barat memberikan bukti bahwa air tawar muncul di bumi sekitar 4 miliar tahun yang lalu – setengah miliar tahun lebih awal dari perkiraan sebelumnya.

Baca juga: Mengapa di Bumi Ada Air Asin dan Air Tawar?

Asal usul air tawar

Studi ini dipublikasikan di jurnal Nature Geoscience.

Para ahli geologi memeriksa kristal kuno dari Jack Hills di Australia Barat, sekitar 650 km sebelah utara ibu kota negara bagian, Perth. Batuan dalam formasi tersebut berusia 4,4 miliar tahun, menjadikannya sebagai material terestrial tertua di Bumi, planet kita sendiri berusia 4,543 miliar tahun.

Air diyakini pertama kali mencapai Bumi muda ketika tata surya pertama kali terbentuk 5 miliar tahun yang lalu dalam bentuk es dari asteroid dan meteorit yang menabrak planet saat terbentuk.

Dengan memeriksa isotop oksigen dalam kristal mineral zirkon, peneliti menemukan tanda-tanda isotop ringan yang luar biasa sejak 4 miliar tahun yang lalu. Isotop oksigen ringan seperti itu biasanya dihasilkan oleh air panas dan segar yang mengubah batuan beberapa kilometer di bawah permukaan bumi.

Bukti adanya air tawar sedalam ini di dalam bumi menantang teori yang ada bahwa bumi seluruhnya tertutup lautan 4 miliar tahun yang lalu.

Penelitian ini memperdalam dan menantang pemahaman kita tentang asal usul kehidupan di Bumi.

Penemuan ini tidak hanya menyoroti sejarah awal Bumi tetapi juga menunjukkan bahwa daratan dan air tawar menjadi tempat berkembangnya kehidupan dalam jangka waktu yang relatif singkat – kurang dari 600 juta tahun setelah planet ini terbentuk.

Baca juga: Ekosistem Air Tawar, Jenis, Komponen, Beserta Contohnya

Teori sebelumya

Terdapat teori ilmiah yang menyatakan bahwa Bumi hampir seluruhnya tertutup air sekitar 4 miliar tahun yang lalu.

Para ilmuwan mendasarkan temuannya pada sampel batuan unik yang ditemukan di distrik Panorama, yang juga berada di Australia Barat.

Karena batuan membawa jejak lingkungan tempat mereka terbentuk, para peneliti menentukan batuan tersebut terbentuk dalam sistem ventilasi hidrotermal di dasar laut sekitar 3,24 miliar tahun yang lalu.

Selama ribuan tahun, bebatuan tersebut terbalik dan terbuka, sehingga memungkinkan para ilmuwan untuk menyelidiki masa lalu bumi yang berair dari lahan kering.

Hal ini membuat mereka menyimpulkan bahwa Bumi purba mungkin adalah planet yang tergenang air tanpa daratan yang signifikan, dikutip sari Astronomy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat