airtronicfirearms.com

Studi Baru Ungkap Kenapa Jerapah Punya Leher Panjang

Jerapah
Lihat Foto

- Leher jerapah yang luar biasa panjang ciri mereka yang paling menonjol dan khas di seluruh dunia hewan.

Tapi kira-kira mengapa jerapah memiliki leher yang begitu panjang?

Baca juga: 6 Fakta Jerapah, Hewan Paling Tinggi di Dunia

Kini sebuah studi baru berhasil mengungkap alasan di balik anatomi hewan tersebut.

Sebelumnya, ahli berpendapat bahwa leher panjang jerapah untuk tujuan mencari pasangan. Hipotesis leher untuk tujuan seks tersebut menyebut persaingan di antara jerapah jantan memengaruhi panjang leher.

Namun ternyata dalam studi yang dipimpin oleh ahli biologi Penn State University menemukan bahwa jerapah betina terrnyata punya leher yang lebih panjang secara proporsional dibandingkan jantannya.

Temuan ini pun menentang hipotesis sebelumnya bahwa seks menjadi alasan jerapah punya leher panjang. Selain itu juga temuan menunjukkan kebutuhan nutrisi yang tinggi alias alasan makan lah yang mendorong evolusi anatomi leher panjang jerapah.

Seperti dikutip dari Phys, Kamis (6/6/2024) dalam studi yang dipublikasikan di Mammalian Biology ini, tim menyebut evolusi panjang leher jerapah kemungkinan disebabkan oleh betina yang mencari makan dedaunan yang sulit dijangkau.

Temuan tersebut sama dengan yang pernah diungkapkan oleh Darwin yang menyatakan bahwa leher panjang jerapah berevolusi untuk membantu mereka mencapai daun yang lebih tinggi, menghindari persaingan dengan herbivora lainnya.

Nah, dalam studi baru ini, peneliti berhasil menyimpulkan hasilnya setelah mereka melakukan analisis menggunakan foto jerapah Masai (Giraffa tippelskirchi) yang tersedia untuk umum di penangkaran dan di alam liar untuk mengukur dimensi relatif jantan dan betina.

Baca juga: Leher Panjang Jerapah Ternyata Tak Hanya untuk Meraih Daun Tinggi

Dari situ peneliti dapat mengidentifikasi jerapah berdasarkan pola titik uniknya. Mereka juga punya silsilah lengkap semua jerapah Masai yang ada di kebun binatang dan taman margasatwa, serta tanggal lahir dan riwayat perpindahan mereka.

“Jadi, dengan hati-hati mempertimbangkan informasi ini, kapan foto itu diambil dan perkiraan usia hewan tersebut, kita dapat mengidentifikasi individu tertentu di hampir setiap foto jerapah yang ditangkap," kata Doug Cavener dari Penn State University.

"Informasi itu sangat penting untuk memahami kapan jerapah jantan dan betina mulai berkembang biak. menunjukkan perbedaan ukuran dan apakah mereka tumbuh secara berbeda," paparnya lagi.

Melansir IFL Science, pengamatan yang cermat mengungkapkan bahwa, dibandingkan dengan ukuran tubuh secara keseluruhan, jerapah betina memiliki leher yang lebih panjang, sehingga hipotesis leher untuk seks sangat tidak mungkin.

Sebaliknya, tim berpendapat bahwa kebutuhan makanan pada betina yang hampir selalu hamil atau menyusui setelah mereka mencapai kematangan seksual, yang mendorong terjadinya ekstensi leher yang luar biasa.

Jerapah adalah pemakan yang pilih-pilih, mereka hanya memakan daun dari beberapa spesies pohon, dan lehernya yang lebih panjang memungkinkan mereka menjangkau lebih dalam ke dalam pohon untuk mendapatkan daun yang tidak dapat diperoleh orang lain,” kata Cavener.

Baca juga: Dua Jerapah Kerdil Ditemukan Pertama Kali di Alam Liar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat