Studi Baru Ungkap Kenapa Jerapah Punya Leher Panjang

Jerapah

- Leher jerapah yang luar biasa panjang ciri mereka yang paling menonjol dan khas di seluruh dunia hewan.

Tapi kira-kira mengapa jerapah memiliki leher yang begitu panjang?

Baca juga: 6 Fakta Jerapah, Hewan Paling Tinggi di Dunia

Kini sebuah studi baru berhasil mengungkap alasan di balik anatomi hewan tersebut.

Sebelumnya, ahli berpendapat bahwa leher panjang jerapah untuk tujuan mencari pasangan. Hipotesis leher untuk tujuan seks tersebut menyebut persaingan di antara jerapah jantan memengaruhi panjang leher.

Namun ternyata dalam studi yang dipimpin oleh ahli biologi Penn State University menemukan bahwa jerapah betina terrnyata punya leher yang lebih panjang secara proporsional dibandingkan jantannya.

Temuan ini pun menentang hipotesis sebelumnya bahwa seks menjadi alasan jerapah punya leher panjang. Selain itu juga temuan menunjukkan kebutuhan nutrisi yang tinggi alias alasan makan lah yang mendorong evolusi anatomi leher panjang jerapah.

Seperti dikutip dari Phys, Kamis (6/6/2024) dalam studi yang dipublikasikan di Mammalian Biology ini, tim menyebut evolusi panjang leher jerapah kemungkinan disebabkan oleh betina yang mencari makan dedaunan yang sulit dijangkau.

Temuan tersebut sama dengan yang pernah diungkapkan oleh Darwin yang menyatakan bahwa leher panjang jerapah berevolusi untuk membantu mereka mencapai daun yang lebih tinggi, menghindari persaingan dengan herbivora lainnya.

Nah, dalam studi baru ini, peneliti berhasil menyimpulkan hasilnya setelah mereka melakukan analisis menggunakan foto jerapah Masai (Giraffa tippelskirchi) yang tersedia untuk umum di penangkaran dan di alam liar untuk mengukur dimensi relatif jantan dan betina.