airtronicfirearms.com

Temuan Dinosaurus Baru, Punya Lengan Lebih Kecil dari T-rex

ilustrasi Koleken inakayali
Lihat Foto

- Tyrannosaurus rex terkenal bukan hanya karena predator puncak yang ditakuti namun juga bagian tubuh khasnya, yakni lengan yang kecil.

Namun, dalam sebuah penemuan baru-baru ini ternyata ada dinosaurus lain yang punya lengan lebih kecil daripada T-rex.

Baca juga: Ahli Sebut Kecerdasan T. rex Setara dengan Buaya Besar

Dinosaurus yang baru ditemukan di Patogonia, Argentina ini diberi nama Koleken inakayali yang juga merupakan karnivora berkaki dua.

Mengutip Science Alert, Jumat (7/6/2024) spesies yang hidup di wilayah yang saat ini Argentina sekitar 69 juta tahun yang lalu digambarkan sebagai abelisaurid unik tanpa tanduk dan ukurannya sedikit lebih kecil.

Hal menarik dari dinosaurus ini adalah K.inakayali diketahui punya lengan dengan siku yang tidak bisa bergerak dan sendi pergelangan tangan yang belum sempurna. Bahkan empat jari mereka pun tidak mampu menggenggam benda.

Anggota tubuh yang tidak dapat ditekuk ini mungkin akan terjatuh di dada mereka yang kekar saat berlari.

Pada akhir Zaman Kapur Akhir, sekitar 90 hingga 66 juta tahun yang lalu, abelisaurid adalah dinosaurus paling melimpah di planet Bumi.

Ahli paleontologi belum memahami mengapa abelisaurid mengembangkan lengan yang tidak berguna untuk berburu. Ada yang berpendapat lengan kecil abelisaurid digunakan untuk tujuan kawin.

Sementara ahli lain berpendapat anggota tubuh yang lemah dan pendek tersebut adalah sisa-sisa evolusi dari nenek moyang mereka yang sudah punah.

Baca juga: Studi Ungkap Apa yang Dimakan Sepupu T-rex Saat Masih Hidup

Ukuran tengkorak yang membengkak bisa jadi juga membuat abelisaurid lebih mengandalkan rahangnya daripada lengannya untuk menangkap mangsa.

Seiring berjalannya waktu, kelompok pemburu ini mungkin juga telah mengembangkan lengan yang lebih pendek untuk menghindari dari gigitan.

Akan tetapi mengingat keberagaman abelisaurid yang ditemukan di seluruh dunia, kemungkinan ada lebih dari satu penjelasan mengapa mereka punya lengan yang kecil.

Selain itu, temuan terbaru juga menyoroti keberagaman theropoda abelisaurid di Patagonia tepat sebelum peristiwa kepunahan massal.

"Penelitian kami juga menganalisis evolusi abelisaurid dan kerabatnya sepanjang waktu, dan mengidentifikasi percepatan laju evolusi tengkorak pada Zaman Kapur Awal," tulis peneliti dalam studi mereka.

"Studi juga memperluas apa yang kita ketahui tentang abelisaurid yang hidup di daerah ini selama Periode Kapur dan menunjukkan bahwa mereka lebih banyak. beragam dari yang dipahami sebelumnya," tambah peneliti.

Studi ini dipublikasikan di Cladistics.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik T-rex, Dinosaurus Paling Ikonik yang Pernah Hidup

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat