airtronicfirearms.com

Apakah Manusia Raksasa Pernah Ada di Bumi?

Robert Wadlow adalah  pria tertinggi di dunia yang tercatat di Guinnes World Records
Lihat Foto

-- Manusia telah berbagi cerita tentang raksasa selama ribuan tahun, mulai dari cyclope dalam mitologi Yunani hingga Goliat dalam Alkitab.

Apakah itu hanya dongeng belaka atau apakah manusia raksasa benar-benar pernah hidup di bumi ini?

Baca juga: Ahli Paleontologi Temukan Bigfoot di Amerika

Nah, jika menganggap manusia setinggi hampir 3 meter sebagai raksasa, maka Robert Wadlow adalah salah satunya.

Mengutip Live Science, Senin (24/6/2024) dia merupakan orang tertinggi yang pernah tercatat.

Ia tumbuh hingga 2,72 meter sebelum meninggal pada usia 22 tahun pada tahun 1940, menurut Guinness World Records.

Tinggi Wadlow jauh di atas rata-rata tinggi laki-laki Amerika Serikat saat itu, yaitu sekitar 1,75 meter dan bahkan lebih tinggi dari beberapa interpretasi deskripsi alkitab tentang Goliat.

Meski begitu, tidak ada yang ajaib dari Wadlow. Perawakanya disebabkan oleh kondisi medis.

“Mayoritas pasien raksasa memiliki masalah hormon pertumbuhan, seperti halnya Robert Wadlow,” kata Márta Korbonits, seorang profesor endokrinologi di Queen Mary University of London.

Korbonits mencatat bahwa penyebab utama gigantisme adalah peningkatan kadar hormon pertumbuhan yang diproduksi oleh kelenjar pituitari di otak. Seringkali, kadar tinggi ini disebabkan oleh tumor jinak.

Salah satu alasan kenapa sekarang kecil kemungkinan untuk melihat orang setinggi Wadlow lagi adalah karena dokter sekarang dapat mengangkat tumornya.

Baca juga: Apakah Bigfoot Benar-benar Ada? Ini Penjelasan Ilmuwan

Dokter juga dapat menggunakan obat-obatan untuk menghentikan pertumbuhan, karena gigantisme dan tumor membahayakan kesehatan seseorang.

Kondisi lain dapat menyebabkan orang menjadi sangat tinggi. Ini termasuk sindrom Marfan, kelainan genetik yang menyebabkan tulang tumbuh lebih panjang.

Namun, beberapa orang tumbuh mencapai ketinggian ekstrem tanpa diketahui kondisi medisnya.

Itu termasuk mantan manusia tertinggi di dunia Bao Xishun yang tingginya 2,36 meter. Dia tumbuh tinggi bukan lantaran gigantisme namun mungkin memiliki serangkaian varian genetik yang membuat mereka cenderung bertubuh tinggi.

Meskipun lebih mudah bagi para peneliti untuk mempelajari raksasa yang hidup di zaman modern, manusia yang sangat tinggi kemungkinan besar selalu ada.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat