airtronicfirearms.com

Kenapa Bintang Laut Berbentuk Bintang?

Ilustrasi bintang laut.
Lihat Foto

- Bintang laut merupakan hewan laut yang unik, salah satunya karena mereka dapat bereproduksi dengan lebih dari satu cara.

Bintang laut berkembang biak dengan cara aseksual dan seksual. Sementara reproduksi seksual adalah proses yang terjadi secara alami, reproduksi aseksual untuk bintang laut biasanya hanya hasil pemotongan yang menghasilkan pembentukan dua bintang laut utuh dengan DNA yang sama.

Selain itu, bintang laut juga unik karena hewan ini memiliki bentuk bintang yang simetris. Lantas, apa yang menyebabkan bintang laut berevolusi menjadi "bintang"?

Penyebab bintang laut berbentuk bintang

Para ilmuwan tidak dapat menjelaskan dengan pasti mengapa bintang laut berevolusi menjadi simetri radial, dengan lengan yang tumbuh dari sumbu pusat.

Namun, Dave Pawson, ilmuwan di National Museum of Natural History, mencatat bahwa susunan tersebut memberikan keuntungan tertentu pada hewan, yang tidak punya tulang belakang dan secara teknis bukanlah ikan.

Baca juga: Di Mana Letak Kepala Bintang Laut?

Di ujung setiap lengan bintang laut terdapat mata yang dapat mendeteksi perubahan intensitas cahaya, dan di bagian bawah terdapat kaki tabung yang memungkinkannya bergerak ke segala arah.

Beberapa spesies bintang laut dapat meregenerasi lengan yang hilang karena predator atau kecelakaan, dan beberapa dari mereka bahkan dapat meregenerasi cakram pusat baru dari lengan yang terputus, selama sebagian cakram tetap berada di lengan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat