airtronicfirearms.com

Kenapa Paus Memiliki Lubang Sembur?

Ilustrasi paus pembunuh (Orca whale) berenang di lautan lepas.
Lihat Foto

- Tidak seperti makhluk laut yang menggunakan insang untuk menyerap oksigen dari air, paus harus menghirup udara permukaan.

Namun, alih-alih harus mengangkat seluruh kepala mereka keluar dari air untuk mengambil oksigen, paus menggunakan lubang sembur sebagai organ untuk bernapas.

Hal ini memungkinkan paus menyerap cukup oksigen untuk bertahan hidup selama penyelaman yang lama.

Kenapa paus mempunyai lubang sembur?

Manusia dan tetrapoda lain (mamalia, burung, reptil, dan amfibi) memiliki dua lubang hidung di bagian depan wajah, dengan pasangan hidung di bagian belakang menjadi tabung internal yang menghubungkan rongga hidung dengan tenggorokan, sehingga kita dapat bernapas melalui hidung.

Baca juga: Bisakah Susu Paus Dibuat Keju?

Bagi paus, bernapas melalui lubang hidung yang terletak di bagian depan wajah akan sangat tidak efisien karena mereka harus mengangkat kepala ke luar air.

Itulah sebabnya lubang hidung cetacea berada di bagian atas kepala dan menjadi lubang sembur.

Sementara paus balin, seperti paus biru dan paus bungkuk, memiliki sepasang lubang sembur, paus sperma dan paus bergigi lainnya hanya memiliki satu.

Paus bergigi dan paus sperma tidak perlu menyerap banyak oksigen di permukaan, sehingga tubuh mereka yang relatif lebih kecil tidak memerlukan jalur udara tambahan.

Menariknya lagi, paus sperma adalah satu-satunya paus yang lubang semburnya terletak di sisi kepalanya, bukan di atas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat