Manusia Jadi Penyebab Kepunahan Megafauna, Studi Ungkap

Ilustrasi badak

- Setelah dinosaurus punah dari Bumi, planet ini menjadi rumah bagi berbagai jenis hewan raksasa baru mulai dari kungkang, wombat, kanguru raksasa hingga mammoth berbulu.

Namun sekitar 50.000 hingga 10.000 tahun yang lalu, hampir 200 spesies hewan besar (megafauna) itu menghilang selama, hanya menyisakan tulang raksasa mereka. Tidak jelas apa yang akhirnya merenggut nyawa makhluk luar biasa ini.

Baca juga: Megafauna Australia, Wombat Raksasa Pernah Hidup 80.000 Tahun Lalu

Saat ini hanya tersisa 11 spesies hewan raksasa yang terus menyusut ukurannya, termasuk di antaranya adalah badak, gajah, dan kuda nil.

Lalu apa yang menyebabkan kepunahan megafauna ini?

Seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (4/7/2024) penurunan drastis ini menurut peneliti tidak hanya disebabkan oleh perubahan iklim sebagai satu-satunya faktor kepunahan. Di mana menurut peneliti sebagian besar megafauna ini masih bisa beradaptasi terhadap lingkungan yang memanas.

“Hilangnya megafauna secara besar-besaran dan sangat selektif selama 50.000 tahun terakhir merupakan hal yang unik selama 66 juta tahun terakhir," kata ahli makroekologi Jens-Christian Svenning dari Universitas Aarhus di Denmark.

Periode perubahan iklim sebelumnya tidak menyebabkan kepunahan selektif dalam skala besar, sehingga hal ini bertentangan dengan peran besar iklim dalam kepunahan megafauna.

“Pola penting lainnya yang menentang peran iklim sebagai penyebab kepunahan adalah hilangnya megafauna terjadi di wilayah yang iklimnya stabil sama parahnya di wilayah yang tidak stabil,” terang Svenning.

Studi baru pun dilakukan untuk mengungkap penyebabnya dengan melakukan tinjauan komprehensif yang mencakup lokasi, waktu kepunahan, preferensi habitat dan makanan, perkiraan ukuran populasi, bukti perburuan manusia, pergerakan populasi manusia, serta data iklim dan vegetasi sejak jutaan tahun yang lalu.