Teleskop James Webb Temukan Planet Berbau Telur Busuk

Ilustrasi  HD 189733 b, planet di luar Tata Surya yang berbau seperti telur busuk

- Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWS) menemukan planet di luar Tata Surya bernama HD 189733 b.

Menariknya planet yang letaknya hanya 64 tahun cahaya dari Bumi ini tidak hanya panas membara tetapi juga memiliki atmosfer yang penuh dengan hidrogen sulfida.

Baca juga: Astronom Pastikan Planet Vulcan Tidak Ada di Dunia Nyata

Artinya, exoplanet itu kemungkinan besar berbau telur busuk jika kita melakukan perjalanan mengunjunginya.

Seperti dikutip dari Live Science, Selasa (9/7/2024) HD 189733 b adalah raksasa gas yang terletak sekitar 64 tahun cahaya di konstelasi Vulpecula.

Planet mengorbit sangat dekat dengan bintang asalnya sekitar 13 kali lebih dekat daripada Merkurius yang mengorbit matahari.

Planet juga menyelesaikan satu orbit setiap dua hari, akibatnya suhu permukaan planet bisa mencapai 925 derajat Celcius, cukup panas untuk melelehkan jenis batuan tertentu menjadi magma.

Pengamatan sebelumnya mengungkapkan bahwa terdapat hujan kaca cair di planet ini. Hujan kaca cair ini kemungkinan bertiup dengan kecepatan hingga 800 km/jam atau sekitar tiga kali lebih cepat daripada badai kategori 5 di Bumi.

Namun dalam sebuah studi baru, ada temuan menarik lain dari HD 189733 b.

Peneliti mengarahkan JWST ke HD 189733 b untuk mempelajari lebih lanjut tentang dunia alien yang unik tersebut.

Selain mengukur jumlah karbon dioksida, oksigen, air, dan logam berat di atmosfer planet, tim juga menemukan bahwa planet tersebut mengandung hidrogen sulfida.