airtronicfirearms.com

Pengertian Pidato Persuasif dan Ciri-cirinya

Pengertian pidato persuasif, yakni pidato yang memuat bujukan atau ajakan melakukan sesuatu. Apa ciri-ciri pidato persuasif?
Lihat Foto

- Pidato persuasif biasanya dilakukan untuk membujuk atau mengajak orang lain, agar mau melakukan apa yang disampaikan.

Contoh pidato persuasif adalah pidato ajakan peduli gaya hidup sehat, dan pidato ajakan untuk memilih salah satu calon kepala daerah.

Apa itu pidato persuasif dan bagaimana ciri-ciri pidato persuasif?

Pengertian pidato persuasif

Umumnya, pidato persuasif memuat argumen juga fakta yang sesuai dengan topik atau pembicaraan yang dibahas.

Baca juga: Pidato Persuasif: Pengertian, Ciri-ciri, Tahapan, dan Contohnya

Jelaskan pengertian pidato persuasif!

Menurut Affa Azmi, dkk dalam buku Praktik Gerakan Sekolah Menyenangkan (2021), berikut pengertian pidato persuasif:

"Pidato persuasif adalah pidato yang ditujukan untuk mengajak atau memengaruhi pembaca, agar mau melakukan juga memercayai hal yang disampaikan pembuatnya."

Dikutip dari buku Public Speaking (2019) oleh Moh. Ali Aziz, pidato persuasif adalah pidato yang mengajak pendengar untuk percaya, mengikuti, bahkan melakukan suatu hal.

Jenis pidato ini berbeda dengan pidato lainnya, seperti pidato informatif, rekreatif, sambutan, peresmian, dan sebagainya.

Baca juga: 7 Ciri Kebahasaan Teks Pidato Persuasif

Sebab, pidato persuasif memang memiliki tujuan akhir, berupa pengaruh serta perubahan pikiran juga sikap pendengar atau pembacanya.

Jadi, pengertian pidato persuasif adalah pidato yang dilakukan untuk membujuk, mengajak, serta memengaruhi pembaca atau pendengarnya.

Ciri-ciri pidato persuasif

Dilansir dari buku Belajar Bahasa Indonesia (2022) karya Mardilah, ciri-ciri pidato persuasif, salah satunya, yakni menggunakan kalimat persuasif.

Adapun yang dimaksud kalimat persuasif adalah kalimat yang memuat ajakan atau bujukan. Misalnya "Mari kita dukung gerakan ini dengan aksi nyata!"

Selain itu, ciri-ciri pidato persuasif lainnya, yaitu memuat pokok permasalahan yang ingin dibahas, memakai kalimat aktif, istilah khusus, serta kosakata emotif.

Tak hanya itu, ciri-ciri pidato persuasif, yakni apabila dibawakan secara langsung, biasanya nada suara pembicaranya menggebu-gebu atau bersemangat.

Baca juga: Menyampaikan Pidato Persuasif

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat