airtronicfirearms.com

5 Indikator Keberhasilan Digital Marketing, Apa Saja?

Salah satu indikator keberhasilan digital marketing adalah CTR atau Click-Through Rate. Selain CTR, apa saja indikator digital marketing lainnya?
Lihat Foto

Digital marketing adalah cara promosi produk atau jasa yang mengandalkan media digital serta internet.

Tiap aktivitas pemasaran, baik itu tradisional maupun digital, pasti memiliki indikator keberhasilan. Guna mengetahui apakah strategi pemasarannya berhasil atau tidak.

Lalu, apa saja indikator keberhasilan digital marketing?

Indikator digital marketing

Menurut Ni Ketut Arismayanti, dkk dalam buku Digital Marketing (2022), indikator keberhasilan digital marketing disebut KPI (Key Performance Indicator).

Baca juga: Apa Itu Digital Marketing?

KPI bermanfaat untuk mengetahui seberapa efektif pemasaran digital yang digunakan. Sehingga pemasar dapat mempertahankan dan membenahi segala sesuatunya.

Sementara itu, dikutip dari buku Digital Marketing (2023) oleh Erwin dkk, KPI adalah metrik khusus yang dipakai untuk melacak kinerja pemasaran.

Selain memastikan bahwa pemasarannya efektif, KPI juga ditujukan untuk menggiring pemasar agar tetap pada jalurnya.

Dilansir dari situs Klipfolio, CTR atau Click-Through Rate menjadi salah satu indikator keberhasilan digital marketing.

Baca juga: Digital Marketing: Pengertian dan Tujuannya

CTR menunjukkan seberapa berhasil dan menariknya website atau situs perusahaan dalam mesin pencari, bagi pengguna.

Rumus KPI digital marketing ini adalah pengunjung yang mengeklik hasil pencarian, atau pengunjung yang melihat isi hasil pencarian.

Selain CTR, website traffic juga menjadi salah satu indikator digital marketing.

Website traffic mengukur berapa jumlah orang yang berkunjung ke situs. Dari indikator inilah, kita bisa melihat kenaikan atau penurunan jumlah traffic.

Pendapatan penjualan juga bisa digolongkan dalam KPI digital marketing. Sebab, indikator ini memperlihatkan berapa jumlah penjualan yang diperoleh lewat pemasaran digital.

Baca juga: 5 Kekurangan Digital Marketing dan Penjelasannya

Misal, berapa banyak penjualan barang lewat media sosial, dan berapa jumlah barang yang terjual lewat pemasaran digital lainnya.

Selanjutnya, tingkat konversi.

Indikator keberhasilan digital marketing ini berusaha melihat sebeberapa besar keputusan pengunjung, untuk membeli produk setelah melihat website atau media sosial perusahaan.

Terakhir, Cost Per Lead atau CPL. Indikator digital marketing ini mengukur seberapa efektif biaya pemasaran, dalam menghasilkan penjualan.

Tujuan utama KPI digital marketing ini adalah mengetahui besaran pengeluaran perusahaan, untuk menghasilkan tingkat penjualan tertentu.

Baca juga: 5 Kelebihan Digital Marketing dan Penjelasannya

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa lima indikator keberhasilan digital marketing, antara lain:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat