airtronicfirearms.com

Garis Meridian Utama, Titik Garis Waktu 00.00

Garis meridian
Lihat Foto

- Tahukah kamu, titik mana yang digunakan sebagai garis waktu 00.00? Titik yang digunakan sebagai garis waktu 00.00 adalah garis meridian utama. Untuk lebih memahaminya, simaklah penjelasan berikut ini!

Garis meridian utama adalah bujur 0 yang merupakan titik garis waktu 00.00 yang ditetapkan pada tahun 1851. 

Garis meridian utama berada di Greenwich yang terletak di London, Inggris. 

Dilansir dari Royal Museums Greenwich, garis meridian utama berada di Greenwich dan ditandai dengan garis logam yang dipasang pada halaman Royal Observatorium. 

Baca juga: Garis Bujur: Pengertian dan Fungsinya

Garis tersebut memisahkan belahan bumi utara dan selatan. Garis meridian utama tepat berada pada garis bujur) derajat dan ditetapkan sebagai acuan waktu seluruh dunia. 

Ketika titik matahari tepat berada di atas Greenwich, maka saat tersebut menunjukkan tepat pukul 12.00 siang di sana. 

Zona waktu suatu tempat ditentukan dari posisinya terhadap Greenwich. 

Dilansir dari Greenwich Mean Time, setiap 15 derajat garis bujur mewakili perbedaan waktu satu jam. Sehingga, 360 derajat dari garis tersebut dapat mewakili waktu 24 jam. 

Baca juga: Soal dan Jawaban Perbedaan Zona Waktu

Kita dapat menghitung waktu di berbagai belahan bumi dengan mengetahui berapa derajat letak lokasi tersebut dari timur atau barat Greenwich. 

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, secara teoretis waktu standar menjadi satu jam lebih awal untuk setiap 15 derajat bujur barat garis meridian utama dan satu jam lebih lambat untuk setiap 15 derajat bujur timur. 

Misalnya, Indonesia bagian barat terletak pada 105 derajat bujur timur dari Greenwich. 

105 : 15 = 7

Artinya, waktu di Indonesia bagian barat adalah 7 jam lebih cepat daripada Greenwich. Jika di Greenwich sedang pukul 00.00, maka di Indonesia bagian barat sedang pukul 07.00 pagi. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat