airtronicfirearms.com

4 Definisi Edukasi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Edukasi kesehatan sangat berpengaruh untuk meningkatkan derajat keseatan seseorang dengan cara meningkatkan kemampuan masyarakat untuk melakukan upaya kesehatan itu sendiri.
Lihat Foto

- Setidaknya saat memasuki masa pubertas, penting bagi remaja mendapatkan edukasi kesehatan.

Ketika itu, remaja diajarkan bagaimana cara menjaga dan merawat organ intim, serta cara membersihkannya dengan tepat.

Menurut Undang-Undang Kesehatan No.23 Tahun 1992 maupun WHO menjelaskan bahwa tujuan dari edukasi kesehatan adalah untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan baik fisik, mental, dan sosialnya.

Edukasi kesehatan sangat berpengaruh untuk meningkatkan derajat kesehatan seseorang dengan cara meningkatkan kemampuan masyarakat untuk melakukan upaya kesehatan itu sendiri.

Baca juga: Bentuk-bentuk Komunikasi Kesehatan, Apa Saja?

Berikut beberapa definisi edukasi kesehatan dari beberapa sumber:

Definisi edukasi kesehatan

Dilansir dari buku Bunga Rampai Komunikasi Keperawatan (2024) oleh Dhiana Setyorini, dijelaskan mengenai definisi edukasi kesehatan.

Menurut Notoatmojo, edukasi (pendidikan) kesehatan merupakan suatu proses belajar pada individu, kelompok, dan masyarakat dari tidak tahu tentang nilai kesehatan menjadi tahu, dari tidak mampu mengatasi masalah-masalah kesehatannya sendiri menjadi mampu.

Menurut Maulana, pendidikan kesehatan adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan dengan cara menyebarkan pesan, menanamkan keyakinan sehingga masyarakat tidak saja sadar, tahu dan mengerti, tetapi juga mau dan bisa melakukan suatu anjuran yang ada hubungannya dengan kesehatan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata?

Dalam buku Edukasi Pencegahan Penyakit Ginjal Kronik Pada Lansia (2022) oleh Fitri Mailani, dijelaskan definisi edukasi kesehatan menurut Carter.

Menurut Carter, pendidikan kesehatan dapat diartikan sebagai pemberian informasi, instruksi, atau peningkatan pemahaman terkait kesehatan.

Edukasi kesehatan dapat meliputi jenis pendidikan terkait potensial kesehatan dan bagaimana potensial kesehatan dapat tercapai atau terkait bagaimana menghindari masalah penyakit tertentu.

Dikutip dari buku Promosi Kesehatan Dan Pendidikan Kesehatan (2023) oleh Rista Islamarida, dijelaskan mengenai definisi edukasi kesehatan menurut Pender.

Menurut Pender, edukasi kesehatan adalah suatu usaha mendidik klien agar mampu merawat dirinya sendiri.

Itulah beberapa penjelasan terkait definisi dari edukasi kesehatan.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat