airtronicfirearms.com

Atlet Rowing Putra Indonesia La Memo Lolos Olimpiade Paris 2024

Atlet Dayung Indonesia, Memo Lolos ke Olimpiade Paris 2024
Lihat Foto

- Atlet rowing Indonesia, La Memo, berhasil memastikan tiket ke Olimpiade Paris 2024 saat tampil di nomor MX1 Asian Rowing Olympic Qualification Regatta, Chenhju, Korea Selatan.

La Memo finis di urutan kedua dengan catatan waktu 6:59,74 detik, sementara peringkat pertama atlet dayung Kazakhstan, Vladislav Yakovlev yang berselisih 0,28 detik.

"Memo memang sudah kami persiapkan dan mencapai catatan waktu terbaik di heat sampai di semifinal dia terbaik kedua," kata Budiman Setiawan, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI). 

Baca juga: Atlet Angkat Besi Putra Indonesia Eko Yuli Irawan Lolos Olimpiade Paris 2024

"Di final dia finis kedua dan hanya selisih 0, 28 sekian detik dari atlet Kazhakstan. Di nomor ini yang diambil 5 terbaik untuk lolos ke Paris 2024,"ujarnya menambahkan.

Budiman menambahkan, untuk cabang rowing masih memiliki kesempatan terakhir untuk berebut tiket ke Paris 2024 pada Final Olympic Qualification Rowing di Swiss pada 19 hingga 21 Mei mendatang. 

"Di Swiss nanti Indonesia akan turun di empat nomor, LM2x, LW2x, M2x, M4-. Peluang masih ada, semoga masih ada yang lolos," imbuhnya. 

Untuk Memo, ini jadi kali kedua berturut-turut penampilannya sejak pertama kali olahraga rowing dimainkan di Rio de Janeiro Hasilnya, atlet 29 tahun itu finis di ranking 16 nomor Men's Single Sculls. 

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari menyambut Memo lolos ke Olimpiade Paris 2024 dengan bahagia.

Baca juga: Peselancar Indonesia Rio Waida Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Lebih lanjut, Okto berharap agar makin banyak atlet yang akan mengikuti jejak atlet rowing asal Maluku itu untuk tampil di Olimpiade Paris 2024.

"Alhamdulillah, satu lagi atlet kebanggaan Indonesia lolos Olimpiade Paris 2024. Saya melihat sendiri perjuangan Memo waktu di Rio 2016. Semoga di Paris 2024 Memo bisa tampil maksimal untuk Merah Putih," sebut Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari. 

Lolosnya Memo membuat Tim Indonesia secara resmi memiliki 10 atlet yang telah memastikan jalan ke Olimpiade 2024 Paris.

Mereka adalah dua atlet dari panahan, Fathur Gustafian dari menembak, Rifda Irfanaluthfi di nomor all araound senam, Rio Waida dari cabor surfing, Rahmad Adi Mulyono dan Desak Made Rita Kusuma Dewi dari sports climbing, serta dua atlet angkat besi, Eko Yuli Irawan (61kg) dan Rizky Juniansyah (73kg).

Kini, sejumlah atlet bulutangkis, angkat besi dan balap sepeda tengah menunggu pernyataan resmi dari federasi internasional masing-masing.

Baca juga: Tim Rowing Indonesia Juara Umum SEA Games 2021, Dayung Jadi Pendulang Medali Emas Merah Putih

Tak hanya itu, cabang olahraga, atletik, renang, kano, judo dan sepak bola, panjat tebing juga masih berjuang untuk meraih tiket ke Paris 2024. 

"Kita doakan dan minta dukungan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk para atlet kita yang masih berjuang. Mari bergandeng tangan untuk menjaga Merah Putih melalui olahraga di mata dunia," ujar Okto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat