airtronicfirearms.com

5 Momen "Buzzer Beater" Historis di Playoff NBA

Aksi Anthony Davis saat melawan Denver Nuggets pada pertandingan final ke-2 Wilayah Barat tahun 2020 menjadi salah satu momen buzzer beater ikonik di Playoff NBA.
Lihat Foto

- Semifinal Playoff NBA 2024 sudah berlangsung dan menyajikan aksi buzzer beater saat Jamal Murray membawa Denver Nuggets mengalahkan Los Angeles Lakers. 

Buzzer beater merujuk momen saat pemain memasukkan bola ke dalam ring pada detik-detik terakhir pertandingan atau saat suara buzzer yang menandakan berakhirnya permainan berbunyi.  

Jamal Murray melakukan jump shot dua angka yang menegangkan tepat saat buzzer berbunyi dalam pertandingan di Ball Arena, 22 April 2024. 

"Saya hanya mendengar semua orang teriak, dari situlah saya tahu bahwa bola itu masuk," ucap Murray dalam siaran pers yang diterima . 

Aksi Murray merupakan momen terbaru dalam catatan buzzer beater di sepanjang sejarah NBA Playoff. Berikut 5 momen buzzer beater ikonik di NBA Playoff. 

Baca juga: NBA Kolaborasi dengan LE SSERAFIM untuk Program Friends of the NBA

1, Michael Jordan: The Shot (1989)

Pemegang rekor buzzer beater terbanyak ini menorehkan namanya dalam sejarah pada tanggal 7 Mei 1989.

Menghadapi eliminasi di pertandingan ke-5 babak pertama Wilayah Timur (East Conference) melawan Cleveland Cavaliers, Chicago Bulls tertinggal satu poin dengan waktu tersisa beberapa detik.

Jordan menerima umpan inbound dan melompat untuk melakukan fadeaway jump shot. Tembakan yang dikenal dengan "The Shot" ini tidak hanya membungkam penonton Cleveland, tetapi juga membawa Bulls melaju ke babak kedua.

Baca juga: 3 Agenda Perayaan Satu Dekade Jr NBA di Indonesia

2. Bob Harrison: Buzzer Beater Pertama (1950)

Lebih dari tujuh dekade lalu, sebagai anggota tim yang saat itu bernama Minneapolis Lakers (sekarang Los Angeles Lakers), Bob Harisson menjadi pencetak buzzer beater pertama sepanjang sejarah NBA.

Dalam pertandingan final pertama NBA melawan Syracuse Nationals (sekarang Philadelphia 76ers), skor imbang 66-66 dengan waktu yang hanya tersisa beberapa detik. Dalam sebuah aksi yang nekat, Harrison meluncurkan tembakan dari jarak 40 kaki yang mengejutkan dan bola tersebut masuk tepat saat buzzer berbunyi.

Pertaruhan yang luar biasa ini tidak hanya mengamankan buzzer beater pertama di NBA Finals, tetapi juga kemenangan krusial bagi Lakers.

Baca juga: NBA All-Star 2024: Damian Lillard MVP, Setara Michael Jordan

3. Devonte' Graham: Tembakan Buzzer Beater Terjauh (2021)

Saat masih berseragam New Orleans Pelicans, Graham berhadapan dengan Oklahoma City Thunder pada 15 Desember 2021. Dengan skor imbang 110 dan waktu tersisa hanya 1.4 detik, Graham menerima bola di luar jangkauan.

Namun, menantang peluang (ESPN menempatkan peluang sukses hanya 3,5%), ia melepaskan tembakan dari jarak 61 kaki (18,6 meter) dan tembakannya pun masuk.

Aksi buzzer beater ini sekarang dijuluki sebagai yang terjauh dalam sejarah NBA, bukti permainan clutch play Graham menjadi pengingat bahwa bahkan tembakan yang paling mustahil pun bisa masuk.

4. Anthony Davis: The Mamba Shot (2020)

Pada laga kedua Wilayah Barat (Western Conference) tahun 2020, Los Angeles Lakers menggunakan jersey Black Mamba saat melawan Denver Nuggets sebagai penghormatan untuk mendiang Kobe Bryant. 

Saat skor imbang 103-103 dan waktu hampir habis, Anthony Davis melepaskan tembakan yang menjadi penentu kemenangan pada akhir pertandingan dengan poin 105-103.

5. Kawhi Leonard: Four Bounces and In (2019)

Pada pertandingan final ke-7 Wilayah Timur (East Conference), Leonard, yang saat itu masih berseragam Toronto Raptors, berhadapan dengan Philadelphia 76ers.

Dengan skor imbang dan waktu pertandingan hampir habis, Leonard melepaskan tembakan fadeaway dari sudut lapangan. Tembakan yang disebut "Four Bounces and In," merupakan lintasan yang mustahil, memantul dari ring sebanyak empat kali sebelum akhirnya masuk ke dalam jaring.

Momen tersebut juga membawa Toronto Raptors ke final NBA pertama mereka dan berhasil mengamankan gelar juara. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat