airtronicfirearms.com

Legenda Lakers Jerry West Meninggal Dunia pada Usia 86 Tahun

Legenda basket Amerika Serikat, Jerome Alan West alias Jerry West, meninggal dunia pada usia 86 tahun.
Lihat Foto

Legenda basket Amerika Serikat, Jerome Alan West alias Jerry West, meninggal dunia pada usia 86 tahun.

Kematian Jerry West dikonfirmasi oleh pihak klub, Los Angeles Clipppers pada Rabu (12/6/2024) atau Kamis pagi hari WIB. West merupakan jajaran direksi dan konsultan bagi Clippers.

"Jerry West, personifikasi dari keunggulan bola basket dan seorang teman bagi semua orang yang mengenalnya, meninggal dunia dengan damai pagi ini pada usia 86 tahun. Istrinya, Karen, berada di sisinya," demikian pengumuman Clippers.

Sebagai informasi, siluet logo yang digunakan NBA (National Basketball Association) dari 1969 hingga saat ini merupakan inspirasi dribble Jerry West.

Selama karier profesional sebagai pemain, West hanya membela satu tim, yakni Los Angeles Lakers dari 1960-1974.

Baca juga: 12 Pemain Basket USA di Olimpiade Paris 2024, LeBron James dan Durant Kembali

West membantu Lakers untuk meraih gelar juara NBA pada 1972. Gelar itu satu-satunya yang diraih West sebagai pemain.

Pemain kelahiran Chelyan itu merupakan bagian dari tim Amerika Serikat yang memenangkan medali emas di Olimpiade Roma 1960 dan dijuluki "Mr Clutch" karena kemampuannya untuk memberikan umpan-umpan di akhir pertandingan.

Mr. Clutch masuk ke jajaran pemain elite di NBA berkat pencapaiannya selama 14 tahun berkiprah di mana ia mampu menjadi salah satu pemain yang mencetak 25.000 poin setelah Wilt Chamberlain dan Oscar Robertson.

West pensiun dengan membukukan 25.192 poin.

Selepas mengakhiri kariernya sebagai pemain pada 1974, West pindah ke dunia kepelatihan dua tahun kemudian, menghabiskan tiga musim sebagai pelatih Lakers.

Baca juga: 5 Keseruan Jelang NBA All-Star 2024, LeBron James Ukir Rekor Pribadi

West kemudian menjadi eksekutif NBA dan berjasa dalam membangun Showtime Lakers pada tahun 1980-an yang memenangkan lima gelar dalam satu dekade.

Komisaris NBA, Adam Silver, mengenang sosok Jerry West sebagai pemain yang telah berjasa bagi dunia basket di Amerika Serikat.

"Jerry West adalah seorang jenius bola basket dan tokoh penting dalam liga kami selama lebih dari 60 tahun," ujar komisaris NBA, Adam Silver, dikutip dari BBC.

"Sebagai pemain dan eksekutif, dampaknya yang mendalam pada bola basket hanya bisa ditandingi oleh karakter dan integritasnya," pernyataan dari Basketball Hall of Fame menambahkan.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat