airtronicfirearms.com

Turnamen Basket Mandiri 3x3 di Sulsel Tuntas, Kini Tatap Regional Jawa

Mandiri 3X3 Indonesia Tournament terselenggara di Makassar. Lima tim keluar menjadi juara dari lima kategori yang dipertandingkan di GTC Mall Makassar, Sulawesi Selatan, pada 5 hingga 7 Juli 2024.
Lihat Foto

- Turnamen basket Mandiri 3X3 Indonesia tuntas terselenggara di Makassar. Lima tim keluar menjadi juara dari lima kategori yang dipertandingkan di GTC Mall Makassar, Sulawesi Selatan, pada 5 hingga 7 Juli 2024.

Lima tim yang juara Mandiri 3X3 Indonesia Tournament adalah Flying Wheel dari KU-12 Mix. Mereka juara seusai mengalahkan Skyflash di final dengan skor 17-14.

Kemudian, dari KU-15 Putra sebagai juara adalah Old School Black. Lalu, di kategori KU-18 putra, Bocah Sahabat menjadi  juara setelah mengatasi perlawanan Old School Jr dengan skor 21-13.

Selanjutnya, di kategori KU-23 putri, Tim Power Ranger menjadi yang terbaik usai mengalahkan Hopers 15-13. Adapun kategori KU-23 putra, Sambakki Putih juara setelah menundukkan Barakka 22-18.

Baca juga: Turnamen Basket Mandiri 3x3 Indonesia, Antusiasme Peserta di Medan

Mandiri 3X3 Indonesia Tournament ini terselenggara atas kerja sama PT Supersport Sensation (PT SSS) International dengan PP Perbasi dan didukung Bank Mandiri Tbk. Kegiatan 2024 ini adalah pelaksanaan tahun ketiga.

Pada tahun ketiga ini, ada inovasi dengan melaksanakan turnamen yang sebelumnya hanya di Jawa, kini melebar ke luar Jawa.

Sebelum ke Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan pelaksanaan di Makassar, Mandiri 3X3 Indonesia Tournament juga singgah ke Medan, Sumatera Utara, yang Play-In Tournament berlangsung pada 27-28 April dan Grand Final pada 1 Mei 2024.

Direktur Utama PT SSS International Azwan Karim mengapresiasi semangat para atlet yang bersaing di Mandiri 3X3 Indonesia Tournament (Mandiri 3X3 IT) di Makassar.

"Mandiri 3X3 IT ini memang bukan sembarang turnamen karena atlet yang bersaing di sini merupakan pebasket yang tercatat di peringkat dunia perorangan FIBA 3X3.  Bahkan, mereka ada di top 100 Play.fiba3x3.com," kata Azwan dalam siaran pers yang diterima.

"Selain menambah jam terbang bagi para pemain muda, ajang ini juga kami sediakan untuk PP Perbasi dalam mencari bakat dalam membangun kekuatan basket 3X3 di masa depan. Jadi, kami ucapkan terima kasih kepada semua atlet dan pihak-pihak yang sukseskan pelaksanaan Mandiri 3X3 IT di Makassar ini," kata Azwan.

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi berterima kasih kepada PT SSS International selaku penyelenggara dan Bank Mandiri Tbk, sebagai sponsor utama kegiatan Mandiri 3X3 Indonesia Tournament.

Nirmala mengakui bahwa mengembangkan dunia bola basket tidak bisa dilakukan sendiri oleh federasi.

Baca juga: Langkah Perbasi untuk Sagil Muhammad, Bocah 12 Tahun Setinggi 2 Meter

Keterlibatan pihak swasta dan perusahaan-perusahaan memiliki peran penting dalam pengembangan dunia bola basket Indonesia, terutama dalam menumbuhkembangkan Basket 3X3. 

Hal ini mengingat basket 3X3 Indonesia juga sudah menunjukkan eksistensinya. Di SEA Games 2019, basket 3X3 putra sukses meraih medali perak. Kemudian di FIBA Asia Cup 2022, timnas basket 3X3 Putri menempati peringkat ketiga Asia dalam FIBA 3x3 Asia Cup 2022 di Singapura. 

Lalu, di SEA Games Hanoi 2021, timnas basket 3X3 putri mengamankan medali perunggu. Catatan yang sama juga digoreskan timnas basket 3X3 putri ketika SEA Games 2023 Kamboja. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat