airtronicfirearms.com

Minggu Bugar, Cara Komite Olahraga Masyarakat Indonesia Edukasi Hidup Sehat

Setiap dua pekan sekali, Kormi Nasional menggelar acara Minggu Bugar. Minggu Bugar merupakan kegiatan olahraga yang mengajak masyarakat umum, baik tua maupun muda, di Car Free Day Sudirman, Jakarta.
Lihat Foto

- Gaya hidup sehat menjadi kewajiban bagi siapa pun dan tidak mengenal usia. Salah satu cara menerapkan gaya hidup sehat adalah dengan berolahraga. 

Jalan bugar bisa menjadi solusi untuk menjaga kebugaran. Hal inilah yang sedang digalakkan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi).

Setiap dua pekan sekali, Kormi Nasional menggelar acara Minggu Bugar. Minggu Bugar merupakan kegiatan olahraga yang mengajak masyarakat umum, baik tua maupun muda, di Car Free Day Sudirman, Jakarta. 

Dalam kegiatan ini, Kormi memberi ruang kepada para induk olahraga di bawah naungan mereka untuk mengajak masyarakat berolahraga.

Baca juga: Rajiah Derita Cedera Punggung Jelang Olimpiade, Perjuangan Atlet Kelas Dunia

"Induk olahraga di bawah Kormi turut mengenalkan jenis olahraga yang ada di masyarakat. Ada kegiatan bergerak bersama, seperti stretching dilanjutkan jalan bugar bersama, dipandu instruktur dan para pegiat atau atlet masing-masing induk olahraga," kata Kemalsyah Nasution, Ketua Bidang PROMES Korminasional, dalam siaran pers yang diterima, Rabu (10/7/2024). 

Dalam kegiatan perdana Minggu Bugar pada 7 Juli yang lalu, Kormi merasa senang karena dari 100-an peserta yang daftar, ternyata 70 persen merupakan masyarakat umum. 

"Artinya, acara seperti ini sangat diperlukan bagi masyarakat umum. Ditambah lagi acara gratis, cukup datang, daftar, mendapat seragam, air minum, dan ikuti kegiatannya," kata Kemalsyah. 

"Kaus dan minuman untuk 100 pendaftar pertama, ya jadi siapa cepat dia dapat," katanya. 

Baca juga: Potensi 3 Cabor Raih Medali Emas Olimpiade 2024 untuk Indonesia

Menurut Kemalsyah, acara Minggu Bugar sebetulnya sudah ingin dimulai di awal 2020. Kala itu Kormi melakukan audiensi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. 

"Kala itu Menpora sudah siap mendukung acara Minggu Bugar. Sayang muncul pandemi Covid-19 sehingga dibatalkan," ujar Kemalsyah. 

"Kini alhamdulillah, acara ini bisa dimulai dengan adanya dukungan sponsor dari Datuk Hakim Foundation yang memang sangat mendukung kegiatan sosial masyarakat, termasuk olahraga," lanjutnya. 

Adapun Ketua Datuk Hakim Foundation, Adil Hakim, mengatakan kegiatan semacam ini memang menjadi perhatian bagi yayasannya.

"Karena kegiatan ini kerap membantu masyarakat, salah satunya di bidang olahraga," tutur Adil Hakim. 

Selain agenda Minggu Bugar, juga ada kegiatan Podcast bertajuk Bincang Bugar yang bisa dilihat pada platform medsos Kormi Nasional dan Sportfestival.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat