airtronicfirearms.com

Kesuksesan Kejuaraan dan Festival Open Water Swimming Indonesia 2024

Perenang Indonesia Aflah Fadlan Prawira (tengah) berfoto dengan perenang asal Thailand Suabsakul Kumton (kiri) dan perenang Indonesia Dimas Permana Taufik (kanan) saat penyerahan medali pemenang 2nd Southeast Asia Open Water Swimming Championships 2024 di Jimbaran, Badung, Bali, Sabtu (29/6/2024). Aflah Fadlan Prawira berhasil menjuarai nomor 10 kilometer putra kategori usia 20 tahun ke atas dengan catatan waktu 2 jam 5 menit 23 detik disusul Suabsakul Kumton dengan waktu 2 jam 7 menit 2 detik dan Dimas Permana Taufik dengan waktu 2 jam 14 menit 16 detik. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Lihat Foto

- Pantai Jimbaran di Bali menjadi saksi kemeriahan dan kesuksesan bergulirnya dua ajang Open Water Swimming alias renang di perairan terbuka, 2nd Southeast Asia Open Water Swimming Championship dan festival Open Water Swimming 2024, pada 28-30 Juni 2024. 

Kejuaraan 2nd Southeast Asia Open Water Swimming (OWS) Championship menjadi event untuk seleksi awal kontingen Garuda yang akan berlomba di SEA Games 2025 dan persiapan menuju PON 2024.

Kejuaraan itu akan diikuti atlet renang dari empat negara, Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Sementara, festival Open Water Swimming terbuka bagi masyarakat umum dan diikuti 300 peserta mulai dari kategori anak-anak usia 12 tahun hingga orang tua dengan usia 70 tahun.

Kontingen Indonesia menyegel dua medali emas pada hari pertama SEA OWS Championships 2024 lewat nomor  5 km putri kategori usia 18-19 tahun melalui Izzy Dwifaiva Hefrisyanth dan Mochamad Akbar Putra Taufik di kategori usia 16-17 tahun.

Pada hari kedua, Indonesia menyegel medali emas di nomor estafet 4x1.500 meter campuran.

Tim Merah Putih yang diperkuat dua perenang putra dan dua perenang putri: Mochamad Akbar, Izzy Dwifaiva, Adinda Larasati Dewi, dan Aflah Fadlan Prawira menjadi yang tercepat dengan waktu 1 jam 14 menit 18,4 detik.

"Alhamdulillah, hari ini bisa menyelesaikan lomba dengan selamat," ujar Fadlan kepada Antara.

"Tantangannya di sisi cuaca, terik matahari yang menyengat juga ada pesaing dari Thailand dan negara lain."

"Dengan strategi baik di awal cukup dekat, setelah itu saya bisa melepaskan diri dari rombongan besar," jelas Fadlan.

Sementara itu, festival Open Water Swimming mempertandingkan empat kategori: nomor 500 meter, 1.000 meter, 1.500 meter, dan 3.000 meter.

"Acara terbilang sukses. Selama tiga hari cuaca bersahabat dan ombak juga bagus," tutur Sekjen Akuatik Indonesia Ali Patiwiri dikutip dari keterangan resmi PB Akuatik Indonesia.

"Untuk SEA OWS target juga bisa tercapai dapat emas di kategori senior putra dan estafet serta meraih medali di senior putri. Untuk festival peserta sangat antusias dan banyak yang daftar di lokasi."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat